Home Politik Anies Yakin Rute Baru Formula E Siap Dalam 4 Bulan

Anies Yakin Rute Baru Formula E Siap Dalam 4 Bulan

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus putar otak mencari rute baru untuk lintasan balap Formula E. Pasalnya, acara balap internasional itu akan digelar 4 bulan lagi, yakni Juni mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yakin pihaknya dapat mempersiapkan rute baru dalam sisa waktu tersebut. Anies mengatakan, Pemprov DKI terus berkoordinasi dengan komite Formula E terkait dengan usulan rute baru. "Iyalah cukup [4 bulan]. Kita kan komunikasi terus dengan mereka (komite Formula E)," ujar Anies.

 

 

Adapun, Pemprov DKI sebelumnya mengusulkan dua alternatif rute Formula E. Dari kedua usulan rute tersebut, kawasan Monas dijadikan sebagai bagian dari jalur lintasan.

Baca juga: Kemensetneg Larang Formula E di Monas, Anies: Cari Rute Baru

Opsi yang pertama, Monas ditetapkan sebagai Pit Stop. Pebalap akan masuk ke Jalan Ridwan Rais kemudian masuk ke Tugu Tani, lalu berputar, kemudian ke Jalan Merdeka Selatan dan terus melaju menuju Wisma Antara. Setelah itu, kembali melintas ke depan Kedubes AS, belok kiri menuju gerbang Monas, kemudian masuk lagi ke Ridwan Rais.

 

 

Sama seperti opsi pertama, Monas dijadikan sebagai pit stop dan pebalap mulai melaju dari lapangan silang selatan.

 

Pebalap akan melaju ke Jalan Ridwan Rais kemudian tekuk kanan ke Merdeka Selatan. Lalu masuk ke Silang Monas di Bundaran Air mancur dan Silang Monas Selatan.

Menurut Anies, pihak penyelenggara Formula E tak mempersoalkan terkait usulan rute baru. Anies mengatakan, tim komite Formula E akan terbang ke Jakarta untuk mendiskusikan hal tersebut dengan Pemprov DKI.

"Tim di sana rileks gitu. Kata mereka, oh ya gak apa-apa, biasa," ujar Anies

 

249