Home Gaya Hidup Satu Keluarga Hidup Bersama 10 Ekor Naga

Satu Keluarga Hidup Bersama 10 Ekor Naga

Kebumen, Gatra.com – Berbeda dengan pendapat sebagian orang yang menganggap ular sebagai hewan buas dan berbahaya, satu keluarga di Pejagoan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah justru memelihara 10 ekor piton.

Tak main-main, piton ini sudah berukuran sangat besar seperti naga, mencapai lima hingga 10 meter. Bobotnya pun ada yang mencapai 300 kilogram. Munding Aji, pemilik 10 ekor ular piton raksasa di Pejagoan, Kebumen, mengatakan sebenarnya ular adalah hewan yang juga bisa dipelihara. Terutama, jenis ular yang tak berbisa.

Namun, untuk memelihara ular tentu harus didasari rasa sayang. Selain itu, untuk memelihara ular juga butuh keahlian khusus. Tanpa keahlian memadai, interaksi dengan ular justru bisa membahayakan. “Yang paling besar itu Rambo. Itu usianya sudah 10 tahun. Panjangnya ya mendekati 10 meter,” katanya.

Munding menjelaskan, ular itu ditempatkan di kandang kaca sekitar rumah. Secara berkala, ular dikeluarkan untuk dimandikan dan kandangnya dibersihkan. Semakin intensif interaksi antara ular dengan pemilik, ular akan semakin jinak. “Ular itu jinak. Jenis piton itu yang menurut saya sangat jinak,” ujarnya.

Munding mengaku memelihara sejak 12 tahun lampau. Ular pertamanya adalah Rambo, yang kini berbobot sekitar 300 kilogram. Saat mulai dpelihara, Rambo baru seukuran jempol kaki, dengan panjang sekitar satu meter. “Ular kalau kalau masih kecil lebih jinak,” jelasnya.

63512