Home Teknologi Pemkab Siak Dorong Penerapan Smart City

Pemkab Siak Dorong Penerapan Smart City

Jakarta, Gatra.com – Realisasi smart city di beberapa daerah di Indonesia tengah digencarkan. Terbaru pembangunan smart city direncanakan akan menyasar pada wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau. Pemkab Riau menggandeng Lintasarta dalam penerapan smart city, khususnya pada sektor pengembangan wisata.

Dijelaskan Senior Manager Central Sumatera Area Lintasarta, Zulfahmi, konsep pembangunan smart city di Siak direncanakan akan melingkupi Smart City Platform, Smart Tourism, akses internet, dan CCTV yang terintegrasi dengan aplikasi milik pemerintah daerah.

Smart city untuk mendukung keputusan strategis dan penyusunan program berkelanjutan dari Pemkab Siak. Di antaranya terkait event dan pengembangan potensi wisata, monitoring limbah yang mengalir di sungai, serta monitoring dan langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Nanti keseluruhannya ditunjang oleh data-data berbasis elektronik dan IoT,” kata Zulfahmi di Jakarta, Sabtu (15/2).

Di tahap awal, penerapan smart city di Kabupaten Siak fokus pada integrasi data ke sebuah platform smart city yang dinamakan SKOTA DATA. Selain itu pada aspek pengembangan pariwisata melalui pembangunan aplikasi mobile Smart Tourism (Android).

“Secara umum pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih baik. Masyarakat bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dan berkualitas. Sehingga, peran serta aktif masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin dirasakan,” tutur Zulfahmi.

163