Home Milenial Waki Wali Kota Kupang Himbau Warganya Sukseskan SPO 2020

Waki Wali Kota Kupang Himbau Warganya Sukseskan SPO 2020

Kupang, Gatra.com - Wakil Wali Kota Kupang Hemanus Man menghimbau, Masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk yang dilakukan secara online. Dengan adanya sensus penduduk online 2020 ini, data kependudukan bisa tertata rapi dan lebih baik dari sebelumnya. 

“Saya himbau masyarakat Kota Kupang untuk ikut aktif berpartisipasi dalam sensus penduduk online ( SPO ) 2020 ini. Karena dengan partisipasi aktif maka akan diperoleh jumlah penduduk Indonesioa dan NTT serta khususnya kota Kupang dalam bentuk satu data,” kata Wakil Walikota Herman Man ketika menerima kunjungan Kepala BPS Kota Kupang, Ramly Kurniawan Tirtokusumo bersama stafnya dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk Online Tahun 2020 di rumah dinas Wakil Wali Kota Kupang, Sabtu (15/2)

Lebih lanjut Wakil Wali Kota menghimbau masyarakat Kota Kupang untuk aktif menyukseskan sensus penduduk online ( SPO ) 2020. Karena melalui sensus penduduk ini dapat diketahui data kependudukan yang pasti untuk arah kebijakan terkait kesejahteraan masyarakat.

“Melalui sensus penduduk ini dapat diketahui dengan pasti jumlah penduduk. Dan melalui data ini pula masyarakat dapat diatur hak –haknya seperti untuk mendapatkan faslitas lainnya seperti BPJS, urusan Bank dan lainnya ,” ujar Hermanus Man.

Sementara itu Kepala BPS Kota Kupang, Ramly Kurniawan Tirtokusumo mengatakan sensusu penduduk onlie ini cukup mudah. Masyarakat dapat mengaksesnya sendiri melalui laman sensus.bps.go.id.

“Melalui sensus penduduk kita dapat mengetahui data kependudukan data pasti soal jumlah penduduk di Kota Kupang. Caranya sangat mudah dikses. Jika menemui kendala bisa menghubungi petugas kami terdekat atau di kantor BPS ,” jelas Ramly. 

Syarat –syarat yang dibutuhkan dalam sensus penduduk online ini lanjut, Ramly Kurniawan Tirtokusumo adalah Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta kelahiran, Buku Nikah (bagi yang sudah menikah) dan Surat Cerai (bagi yang pernah cerai).

“ Syaratnya simple saja, mudah diakses. Siapkan semua kelengkapan NIK, KK dan lainnya.Buka laman sensus.bps.go, ikuti petunjukanya sampai selesai ,” imbuhnya. 

Dijelaskan pula sensus penduduk onlie ( SPO ) ini merupakan terobosan baru dalam pelaksanaan SP2020. SPO dapat dilakukan kapan saja secara mandiri melalui laptop atau gadget, selama periode pelaksanaan SPO. Dimulai secara serentak seluruh Indonesia Sabtu 15 Februari 2020 ini dan berakhir 31 Maret 2020 mendatang.

“Bagi masyarakat yang belum berpartisipasi dalam SPO akan dicatat oleh petugas sensus pada bulan Juli 2020,” tandasnya. 

 

140