Home Ekonomi IKM Indonesia Catatkan Penjualan $1,57 Juta di Ambiente 2020

IKM Indonesia Catatkan Penjualan $1,57 Juta di Ambiente 2020

Jakarta, Gatra.com - Delapan Industri Kecil Menengah (IKM) yang difasilitasi Kementerian Perindustrian dalam pameran internasional, Ambiente 2020 di Jerman berhasil mendapat nilai penjualan sebesar US$1,57 juta.
 
"Dalam gelaran tahun ini minat buyer cukup tinggi terhadap produk-produk dari para IKM Indonesia. Mereka juga berhasil mendapatkan sekitar 102 kontrak dagang dari 37 negara, serta membukukan berbagai pesanan dan penjualan yang akan ditindaklanjuti setelah pameran berakhir," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Gati Wibawaningsih di Jakarta, Senin (17/2). 
 
Ambiente 2020 diikuti 4.635 peserta dari 93 negara. Jumlah peserta ini meningkat 3,9% dibanding tahun 2019 lalu. Sedangkan, jumlah pengunjung mencapai 108 ribu orang dari 160 negara, 62% di antaranya berasal dari luar Jerman seperti Italia, Perancis, Belanda, Spanyol, Britania Raya, Turki, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang. 
 
Di tengah gelaran Ambiente, juga dilaksanakan Business Gathering yang bekerjasama dengan KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan bisnis antara para pelaku usaha kerajinan Indonesia dan Jerman. 
 
"Pada acara tersebut, kami telah menyampaikan informasi mengenai keunggulan dan kualitas produk Indonesia serta mengajak para pelaku usaha Jerman untuk terus meningkatkan hubungan bisnis dengan Indonesia," tambahnya.
 
Menurut Gati, perusahaan Indonesia berkesempatan membangun jejaring dan kontak bisnis dengan sejumlah perusahaan Jerman, serta negara lain seperti Perancis dan Jepang. Beberapa peserta Indonesia menyatakan bahwa dari acara serupa tahun lalu telah berhasil mendapatkan orderan besar yang masih terus berlanjut.
 
Bahkan, Gati menyampaikan, pameran Ambiente menjadi ajang promosi penting di Jerman dan Eropa untuk berbagai produk consumer goods. Ini merupakan kesempatan bagus yang dapat menghasilkan nilai ekonomi cukup baik bagi para peserta Indonesia. 
 
"Dalam lima tahun terakhir, Paviliun Indonesia mencatatkan kenaikan nilai transaksinya hingga 113%. Tentunya hal ini capaian yang sangat membanggakan, yang menunjukkan peningkatan kemampuan IKM Indonesia di pasar global," ucap Gati.
 
83