Home DPD RI News Pemkot Semarang Fasilitasi Konsultasi Corona Gratis

Pemkot Semarang Fasilitasi Konsultasi Corona Gratis

Semarang, Gatra.com – Pemerintah Kota Semarang menyediakan layanan konsultasi dokter yang ada di Dinas Kesahatan gratis secara online bagi masyarakat yang memiliki keluhan mirip virus corona.

Konsultasi tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi pesan singkat whatsapp, telepon, atau aplikasi android “Konter Semarang”.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, maraknya isu penyebaran virus corona atau Covid-19 beberapa hari kebelakang ini mendorong seluruh pihak bekerja lebih keras menjaga kenyamanan masyarakat.

“Masyarakat Kota Semarang cukup menghubungi Nomor Whatsapp 081-129-00-132 untuk langsung menanyakan terkait virus Corona. Atau bila tidak memiliki aplikasi pesan singkat tersebut, masyarakat juga dapat menelepon nomor call center 1500-132 untuk berkonsultasi secara langsung,” katanya, Rabu (4/3).

Menurut Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini, tersedianya layanan konsultasi dirasa penting agar masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan tidak panik dalam menghadapi isu penyebaran virus corona.

Ia menghimbau, masyarakat untuk tidak panik apalagi sampai melakukan aksi borong masker.

Sementara itu, Hendi juga meminta bantuan kepada ratusan guru di Kota Semarang untuk dapat ikut mensosialisasikan pola hidup sehat di masyarakat.

“Jangan sampai warga panik, karena jika panik yang kemudian muncul bukanlah solusi melainkan kondisi kacau, seperti kemudian memborong masker berlebihan padahal belum tentu perlu,” tandasnya.

Di sisi lain Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menyebutkan, pencegahan corona paling efektif adalah dengan melakukan pola hidup sehat.

“Saat ini di Kota Semarang sendiri belum ditemukan adanya kasus pasien yang positif terinfeksi virus coron. Namun Pemerintah Kota Semarang terus meningkatkan kewaspadaan dengan secara masif mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” jelasnya.