Home Olahraga Babel Gelar Sungailiat Triathlon 2020 Ke-8

Babel Gelar Sungailiat Triathlon 2020 Ke-8

Jakarta, Gatra.com - Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki kekayaan alam yang bisa menjadi potensial untuk menarik wisatawan. Untuk menarik wisatawan, Babel kembali menggelar Sungailiat Triathlon 2020 untuk ke-8 kalinya pada 11 April 2020 yang dipusatkan di Tanjung Pesona, Kabupaten Bangka.

Data dari Dinas Pariwisata Babel menyebutkan, selama enam tahun terakhir jumlah kunjungan wisata terus meningkat sekitar 9%. Acara sport tourism internasional ini diharapkan dapat menambah daya tarik wisata.

"Kami sangat berharap dengan adanya Triathlon akan lebih meriah dan lebih sukses. Dan juga bahwa Bangka akan dikenal oleh masyarakat secara luas, terutama mengenai keindahan-keindahan yang ada di Babel ini," kata Mulkan, Bupati Kabupaten Bangka, pada konferensi pers di FX Sudirman, Jakarta, Jumat (6/3).

Mulkan menyatakan, dengan adanya Sungailiat Triathlon 2020 akan memicu industri pariwisata sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Dengan adanya Triathlon, otomatis ini salah satu langkah kita bagaimana nanti untuk menunjang tingkat perekonomian masyarakat kita, terutama income pendapatan daerah," ujarnya.

Tahun ini, akan ada peserta dari 18 negara. Inisiator acara Sungailiat Triathlon, Thomas Jusman, mengatakan, acara tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dengan peserta yang lebih banyak, kategori yang bertambah, medan jalur yang berbeda, dan ada pula berbagai macam hiburan.

"Dari segi kategori kami mencoba untuk menambah agar para junior bisa ikut. Jadi umur 13 sampai 17 tahun bisa mengikuti," terang Thomas Jusman.

“Untuk memeriahkan kompetisi, akan ada pawai budaya dan pameran UMKM Bangka untuk menghibur para peserta dan wisatawan yang datang,” katanya.

Thomas berharap daerah Babel akan bersiap-siap menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata. Dengan ini, ke depannya akan banyak perbaikan infrastruktur yang dipersiapkan untuk event tahun 2021 supaya lebih dasyat.

"Kita harapkan Sungailiat menjadi rujukan acara Triathlon secara nasional," ujarnya.

Perhelatan Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 akan mempertandingan dua cabang olahraga yaitu triathlon dan duathlon. Ada tiga kategori triathlon yang dibagi berdasarkan jarak tempuh: Standart distance (renang 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km), Standart distance relay (renang 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km), dan Sprint distance (renang 0,75 km, sepeda 20 km, dan lari 5km).

Adapun cabang olahraga duathlon akan mempertandingkan kategori sprint distance dengan jarak tempuh sepeda 20 km dan lari 5 km.

Reporter: FBA

282