Home Ekonomi Wisma Atlet Bakal Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona

Wisma Atlet Bakal Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah bakal menjadikan Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat sebagai tempat isolasi pasien Corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi press realisasi APBN KiTA Februari 2020, di Jakarta, Rabu (19/3).

"BNPB juga mengkoordinasikan pemanfaatan Wisma Atlet yang akan dikonvesrsi menjadi tempat isolasi pasien positif Covid-19, tetapi mereka tidak menunjukkan gejala yang membutuhkan dukungan tenaga medis atau rumah sakit," ujar dia.

Langkah itu, kata dia, dilakukan agar pasien positif corona dapat segera diisolasi. Sehingga tidak menularkan kepada masyarakat sekitar yang tidak terpapar virus.

Meski begitu, rencana ini masih dalam pembahasan lebih lanjut oleh Gugus Tugas Covid-19 yang telah dibentuk Presiden Joko Widodo sebelumnya.

"Wisma Atlet menjadi tempat yang paling siap dari sisi fasiltas, seperti listrik, air dan sebagainya sudah ada di sana. Sekarang kita sudah minta BNPB untuk menyiapkan menjadi tempat isolasi," jelas dia.

Selain itu, menurut bendahara negara itu, BNPB juga akan secara insentif memberikan edukasi kepada masyarakat, melalui Buku Panduan Penanganan Wabah Covid-19 yang akan segera diterbitkan. Dengan buku itu, diharapkan masyarakat dapat memahami apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah semakin meluasnya virus asal Wuhan, Cina itu.

"Karena Rumah Sakit di daerah itu menyampaikan apa apa yang harus mereka lakukan? Siapa yang menanggung biaya? Apakah mereka boleh impor dari mana saja? Sehingga Kemenkes memberikan buku panduan agar di daerah dapat mengerjakan tugasnya secara optimal," imbuh dia.
 

86