Home Ekonomi Cegah Penyebaran Corona, Pasar Tanah Abang Ditutup Sementara

Cegah Penyebaran Corona, Pasar Tanah Abang Ditutup Sementara

Jakarta, Gatra.com - PD. Pasar Jaya memutuskan untuk menutup sementara sebagian area Pasar Tanah Abang, yang meliputi Blok A, Blok B dan Blok F Pasar Tanah Abang, Jakarta. 

Direktur Utama PD. Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan penutupan itu dilakukan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona baru atau Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. 

“Penutupan dilakukan kemarin per tanggal 27 Maret hingga 5 April mendatang, seluruh aktivitas perdagangan di pasar ini kita liburkan sementara. Ini merupakan salah satu langkah persetujuan dan distribusi Covid-19, terkecuali di Blok G boleh berjualan khusus bahan pangan saja,” katakan Arief, kepada Gatra.com, di Jakarta, Kamis (26/3).

Sebelum dilakukan penutupan, pihak manajemen Pasar Jaya telah melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada para pedagang yang menerima tiga blok tersebut. 

Arief menjelaskan, komunikasi dengan para pedagang perlu dilakukan, agar mereka mengerti betul tujuan dari penyelesaiannya Pasar. Terlebih, selesai dilakukan menunggu Ramadhan, di mana biasanya penjualan meningkat lebih dari hari-hari biasa. 

“Untuk membuka ini tentu saja sudah dilakukan komunikasi dan sosialisasi kepada pedagang terlebih dahulu. Kita sampaikan beberapa hal untuk kepentingan bersama antara para pedagang dan juga manajemen. Baik pedagang dan manajemen mendukung menutup bersama daerah pasar hingga batas waktu tersebut,” katanya.
Meski begitu, untuk memenuhi kebutuhan utama masyarakat, Pasar Jaya masih menerima Blok G Pasar Tanah Abang yang menyediakan berbagai bahan makanan agar tetap normal. Tetap dengan pengawasan ketat dari pihak manajemen. 

"Di setiap pintu masuk pasar ini juga telah menyiapkan pembersih tangan untuk pedagang dan masyarakat yang akan masuk ke dalam area pasar. Tak hanya itu saja di Pasar Tanah Abang juga telah melakukan penyemprotan desinfektan. Penyemprotan ini dilakukan diseluruh fasilitas berjualan, kantor, fasilitas dan fasilitas ibadah yang ada," kata Arief.
 

91