Home Kesehatan Diserang Corona, Sumbar Batal Jadi Tua Rumah Harganas 2020

Diserang Corona, Sumbar Batal Jadi Tua Rumah Harganas 2020

Padang, Gatra.com - Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) semakin mengganas di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali daerah Sumatra Barat (Sumbar). Akibatnya, event nasional Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 di Sumbar dibatalkan.

Pembatalan berdasarkan Surat Nomor: 289 IKK.01//HARGANAS 27/F4/2020 tertanggal 24 Maret 2020, yang diterima Pemprov Sumbar dari Kepala BKKBN RI. Dalam surat itu disebutkan, pembatalan itu sesuai pertimbangan terkait perkembangan Covid-19, dan arahan untuk social distancing dalam rangka penyebaran Covid-19.

Selain itu, juga berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 RI tentang Refocussing Kegiatan Relokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Maka seluruh kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk melakukan langkah cepat, tepat, fokus, terpadu, dan bersinergi.

"Sekaitan pembatalan yang kami berikan atas permintaan sebesar-besarnya. Terima kasih kerjasama dan dukungan Pemprov Sumbar yang telah diberikan selama ini," kata Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo secara tertulis diterima Gatra.com di Padang, Selasa (31/3).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menerima dan mengikuti keputusan dari BKKBN Pusat, dalam artian pembatalan event berskala nasional dan Tuan Rumah Harganas 2020 itu tidak dipermasalahkan. Pasalnya, percepatan penanganan Covid-19 secara bersama lebih penting dilakukan untuk saat ini.

"Tidak masalah. Persiapan kita memang sudah ada, tapi belum ada keluar anggaran untuk persiapan tersebut. Jadi pada prinsipnya tidak masalah," ujar Irwan saat dihubungi via WhatsApp siang ini.