Home Teknologi Sampaikan Gagasan Anda Tentang COVID-19, Dapatkan Hadiahnya

Sampaikan Gagasan Anda Tentang COVID-19, Dapatkan Hadiahnya

16714

Jakarta, Gatra.com - Pandemi coronavirus COVID-19 telah melumpuhkan kehidupan. Bahkan ketika penyebaran penyakit yang sangat menular ini telah dibendung, dunia akan menghadapi tantangan besar untuk kembali normal. Untuk membantu mendukung para ahli yang bekerja di pusat-pusat penelitian dan organisasi teknis Eropa,  European Space Agency (ESA) mengeluarkan dua inisiatif baru untuk memahami efek COVID-19 terhadap masyarakat, ekonomi dan lingkungan.

Ketika lalu lintas jalan di kota-kota di seluruh dunia terhenti, misi satelit Copernicus Sentinel-5P Eropa memberikan informasi penting tentang perubahan konsentrasi polutan atmosfer seperti nitrogen dioksida. Namun, masih ada potensi besar untuk menggunakan data pengamatan Bumi untuk memberi pencerahan baru pada perubahan sosial dan ekonomi lainnya.

Untuk melihat bagaimana misi yang mengamati Bumi dapat digunakan lebih lanjut untuk mengeksplorasi efek COVID-19, ESA telah mengeluarkan proposal baru. Tujuannya untuk melihat bagaimana data satelit dapat digunakan, misalnya, untuk memetakan perubahan di sekitar jaringan transportasi, pelabuhan komersial dan industri berat seperti kilang minyak.

Direktur ESA untuk Program Pengamatan Bumi, Josef Aschbacher, mengatakan: "COVID-19 membuat masyarakat di bawah tekanan besar. Sementara ESA tidak benar-benar ditempatkan untuk membantu memperkirakan perkembangan virus, kami tentu terus memiliki banyak data yang mengalir. Bagi kami dari beberapa satelit paling canggih yang pernah dibangun serta teknologi kecerdasan buatan baru yang dapat digunakan untuk memahami dan memantau beberapa perubahan masyarakat."

"Inovasi adalah kunci untuk menggunakan data satelit untuk membantu melayani masyarakat selama masa-masa sulit ini, dan kami percaya bahwa panggilan baru kami akan mengembalikan beberapa proposal yang berharga," katanya.

Panggilan baru ini telah ditambahkan ke Permanently Open Call, yang merupakan bagian dari program Ilmu Observasi Bumi untuk Masyarakat ESA.

Selain panggilan baru, pada 6 April ESA berkoordinasi dengan Komisi Eropa meluncurkan edisi khusus Custom Script Contest. Kontes ini mengundang para ahli penginderaan jarak jauh, ilmuwan mesin, serta masyarakat yang berminat untuk mengajukan gagasan tentang bagaimana data satelit dapat membantu mengurai situasi sektor-sektor ekonomi seperti industri, perdagangan, transportasi, dan pertanian, tetapi juga terbuka untuk ide-ide lain. Siapa pun dapat menyumbangkan ide.

Kontribusi terbaik akan diberi hadiah uang tunai setiap minggu. Juga, setiap bulan akan ada hadiah untuk ide terbaik di setiap kategori dan hadiah utama untuk kontribusi keseluruhan terbaik.

Grega Milcinski, dari Sinergise mengatakan, "Peserta hanya harus menyusun satu set slide yang menyajikan ide-ide mereka menggunakan data pengamatan Bumi, alat dan teknologi pembelajaran mesin yang mudah tersedia untuk semua tingkat keterampilan. Ini akan dievaluasi setiap minggu untuk membuat penggunaannya sesegera mungkin - situasi COVID-19 membutuhkannya."

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS