Home Politik Jateng Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik 2020

Jateng Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik 2020

Semarang, Gatra.com - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) meraih penghargaan sebagai terbaik pertama kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik tingkat provinsi 2020. Pada ajang “Pembangunan Daerah Terbaik 2020” yang digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terbaik kedua diraih Provinsi Bengkulu dan ketiga Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten peringkat pertama adalah Kabupaten Temanggung (Jateng), kedua Kabupaten Poso (Sulawesi Tengah), dan ketiga Kabupaten Bangka (Bangka Balitung) Untuk tingkat kota diraihk Kota Semarang (Jateng), kedua Yogyakarta (DIY), dan ketiga Padang (Sumatera Barat).

Pengumuman penetapan “Pembangunan Daerah Terbaik 2020” disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) /Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada rapat virtual Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020, Kamis (30/4).

Hadir dalam rapat virtual tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin, serta kepala daerah se- Indonesia, termasuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang mengikuti dari ruang kerjanya di Semarang.

Menurut Suharso, Provinsi Jateng dinilai terbaik dalam perencanaan pembangunan daerahnya karena inovasi dan capaian yang dihasilkan. Inovasi program unggulan antara lain Satu OPD Satu Desa Binaan, program sekolah tanpa sekat, rumah sakit tanpa dinding dan rescue bencana.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai apresiasi keberhasilan daerah atas capaian yang dilakukan. Kami harap, penghargaan ini dapat memotivasi daerah lain untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pembangunan di daerah,” kata Suharso.

Sementara, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, menyatakan kebanggaan atas penghargaan tersebut, terlebih provinsi Jateng memborong tiga penghargaan sekaligus, tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Orang nomor satu di Jateng ini, menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran aparatur sipil negara (ASN), serta partisipasi masyarakat dan perguruan tinggi yang telah membantu pembangunan. “Ini kado bagus, tapi bukan terus membuat sombong. Justru menjadi beban berat untuk merencanakan lebih baik lagi,” kata Ganjar.

Gubernur memberikan apresiasi atas kinerja bupati Temanggung dan Wali Kota Semarang yang telah berhasil membuat perencanaan pembangunan terbaiknya. “Kedua pemimpin daerah itu (Temanggung dan Kota Semarang) hebat dan patut dicontoh daerah lainnya,” ujar Ganjar.

395