Home Kesehatan Kemensos Penuhi Kebutuhan Alkes TPS Kelompok Rentan Jakarta

Kemensos Penuhi Kebutuhan Alkes TPS Kelompok Rentan Jakarta

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Sosial (Kemensos) telah memenuhi kebutuhan alat kesehatan (alkes) di Tempat Penampungan Sementara (TPS), yang menampung kelompok rentan terdampak Covid-19, seperti anak jalanan, gelandangan, pengemis, serta penerima manfaat lainnya.

Pemenuhan alat kesehatan di TPS itu segera dilakukan setelah rapat koordinasi mengenai penyediaan TPS bagi kelompok rentan pada Rabu (29/4) lalu.

"Kita datang ke seluruh wilayah DKI Jakarta untuk memastikan TPS bagi warga yang terlantar akibat Covid-19. Selain itu, kita juga berikan alat kesehatan," kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat, di Jakarta, Jumat malam (1/5).

Beberapa TPS yang telah mendapat bantuan dari Kemensos, antara lain TPS Gelanggang Olahraga (GOR) Karet Tengsin, Jakarta Pusat; TPS GOR Ciracas, Jakarta Timur; TPS GOR Tanjung Priok, Jakarta Utara; TPS GOR Cengkareng, Jakarta Barat; dan TPS GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Harry merinci, setiap TPS telah diberikan bantuan berupa 6 galon disinfektan ukuran 5 liter, 1 unit semprotan disinfektan, 500 botol sabun pencuci tangan ukuran 250 ml, 2.000 lembar masker, 500 botol hand sanitizer ukuran 500 ml, 50 botol hand sanitizer ukuran 60 ml, dan 2.500 pasang sarung tangan.

"Semua ini perlengkapan perlindungan diri, terutama untuk petugas lapang. PM juga akan diberikan alat kesehatan seperti masker," ujar dia.

Sementara itu, TPS yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, itu telah dilengkapi dengan sarana tempat tidur dan kebersihan, serta dapur umum yang dikelola oleh masing-masing Suku Dinas.

"TPS ini disiapkan untuk warga yang tidak mampu dan rentan, seperti tuna wisma, orang yang kehilangan pekerjaan, penyandang disabilitas, orang yang putus asa dan stres," ungkapnya.

Namun demikian, TPS itu bukan model panti yang dapat menampung penerima manfaat dalam waktu lama, melainkan hanya sebagai tempat transit saja. Sebab, setelah ditampug di TPS, para penerima manfaat kemudian akan diberi bekal edukasi pencegahan Covid-19 dan dukungan alat kesehatan.

105