Home Kesehatan Puluhan Relawan Covid-19 Diterjunkan ke RSUD Abdul Manap

Puluhan Relawan Covid-19 Diterjunkan ke RSUD Abdul Manap

Jambi,Gatra.com - Guna membantu penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Manap, Wali Kota Jambi Sy Fasha mengukuhkan 56 orang relawan yang memiliki latar belakang medis dan non medis. 
 
"Kami juga berikan pembekalan kepada para relawan ini tentang apa yang harus dilakukan, hak dan kewajiban, serta apa yang akan mereka terima nantinya," kata Sy Fasha kepada Gatra.com, (5/5). 
 
Fasha menjelaskan, setelah dikukuhkan relawan langsung dibawa RSUD Abdul Manap untuk orientasi lapangan guna melihat kondisi lapangan.
 
"Mereka langsung orientasi, melihat kondisi lapangan, bangunan, ruangan, bagaimana kondisi pasien saat ini," ujarnya.
 
Dilanjutkan Fasha seluruh relawan ini juga langsung di rapid test, bila ada yang positif akan di rawat terlebih dahulu. 
 
"Setelah itu mereka juga akan diberikan pelatihan singkat untuk penanganan pasien, kemungkinan besok atau lusa mereka langsung kerja. Nanti relawan akan ditandemkan dengan petugas yang lebih senior," jelasnya.
 
Menurut Fasha, para relawan ini memiliki latar belakang kesehatan perawat dan merupakan karyawan di klinik-klinik swasta.
 
"Mereka akan mengantarkan makan, obat, memberikan instruksi bagi pasien, memperbaiki dan memasang infus, mengecek suhu tubuh dan juga tekanan darah. Jadi memang tugas rutin yang dilakukan perawat," jelasnya. 
 
Fasha menambahkan, pihaknya akan menyiapkan hotel untuk tempat beristirahat bagi relawan setelah bertugas. 
 
"Satu minggu mereka bertugas, mereka akan dikarantina, tidak pulang ke rumah. Nanti kami siapkan lagi hotel untuk karantinanya," ucapnya. 
392