Home DPD RI News dr Karisma Yusa: Pasien Sembuh Tetap Ikuti Protap Penanganan

dr Karisma Yusa: Pasien Sembuh Tetap Ikuti Protap Penanganan

Lombok Barat, Gatra.com - Pemulangan 4 orang Pasien Dalam Perawatan (PDP) Covid-19 karena dinyatakan sembuh di RSUD Patut Patuh Patju (Tripat), Gerung, Kabupaten Lombok Barat, hingga Jumat (8/5) ini menyisakan 14 orang pasien lagi dalam masa perawatan dari total keseluruhan pasien sebanyak 18 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

Koordinator Tim Medis Penanganan COVID-19 di RSUD Tripat dr Karisma Yusa menyebutkan, khusus dua orang pasien asal Desa Perampuan dan Karan Bongkot, Kecamatan Labuapi yang dinyatakan sembuh dan diijinkan pulang pada Jumat (8/5) ini menurut menyebutkan, jika kedua pasien ini dilakukan pemeriksaan satatus kesehatan sejak 20 April 2020 dan pada tanggal 23 April dinyatakan positif Covid-19.

“Begitu yang bersangkutan kita nyatakan positif langsung kita lakukan perawatan sesuai prosedur tetap (Protap) penanganan kesehatan Covid-19 ini. Seharusnya yang dipulangkan Jumat ini tiga pasien, namun satu pasien belum bisa karena masih perlu perawatan maksimal lagi. Dan rata-rata pasien yang dirawat di RSUD Tripat ini memiliki riwayat perjaanan ke luar daerah khususnya ke Gowa, Sulawesi selatan,” ujar dr Karisma di RSUD Tripat Gerung, Jumat (8/5).

Karisma menambahkan, meski pasien sudah dinyatakan sembuh, harus tetap mengikuti protokol kesehatan seperti tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan yang terpenting tidak melakukan kontak terlebih dahulu dengan orang lain, karena resiko masih tetap ada.

“Demikian juga selama dalam perawatan, pasien diawasi sangat ketat. Misalnya saat pemberian obat maka kita memantau secara khusus dan diawasi oleh perawat yang memberikan obat,” ujar dokter Karisma.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR