Home Kesehatan Kasus Corona di NTT Meningkat Tajam, Didominasi Klaster Gowa

Kasus Corona di NTT Meningkat Tajam, Didominasi Klaster Gowa

728

Kupang, Gatra.com - Pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meningkat drastis. Per 13 Mei 2020 terjadi penambahan 12 orang, sehingga total kasus covid-19, sudah mencapai 30 orang.

12 pasien baru yang positif Covid -19 ini berasal dari dari klaster Ijtima Tabliq akbar Gowa Sulawesi Selatan 10 orang. Dari Kabupaten Manggarai Barat ada 9 orang dan Ende 1 orang. Sementara Kabupaten TTS ada 1 Santri Magetan dan Sumba Timur 1 orang berasal dari terpapar, STT Grogol Jakarta.

“Per hari ini 13 Mei 2020 pasien positif Covid -19 di NTT sudah mencapai angka 30 orang. Terjadi peningkatan luar biasa, dibanding Selasa 12 Mei 2020 kemarin baru 18 orang lalu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg Domi Mere (13/5).

Dia menjelaskan penambahan ini sesuai hasil pemeriksaan dari 92 sampel swab yang diperiksa di laboratorium RSUD Prof W. Z Johannes Kupang diketahui ada 11 yang positif Covid-19. Sementara satu sampel positif lainnya berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dikirim dari Laboratorium Balai Besar.

“Satu sampel Swab dari Sumba Timur itu sesuai hasil pemeriksaan swab yang dikirim dari Laboratorium Balai Besar. Pasien tersebut adalah mahasiswa dari STT di daerah Grogol Jakarta,” jelas drg Domi Mere Mere yang didampingi Jubir Gugus Tugas Covid-19 NTT, Marius Ardu Jelamu.

“Dengan demikian dua Kabupaten yang sebelumnya zona hijau menjadi zona merah yakni Kabupaten Ende, Timor Tengah Selatan dan dan Sumba Timur,” katanya.

Dari 30 kasus positif Covid-19 itu kata drg Domi Mere, sebanyak dua kasus telah dinyatakan sembuh. Sementara satu pasien positif lainnya meninggal dunia pada Selasa, 12 Mei 2020 malam.

“Jadi saat ini tinggal 27 pasien positif Covid -19 yang sementara menjalani perawatan di RS Bayangkara Kupang, RSUD Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, RSUD Ende, RSUD Soe di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dan yang dari klaster Grogol Jakarta, dirawat di RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu Kabupaten Sumba Timur," tandasnya.  

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS