Home Kebencanaan Aksi Dramatis Selamatkan Kambing Nyaris Merenggut Nyawa

Aksi Dramatis Selamatkan Kambing Nyaris Merenggut Nyawa

98

Karanganyar, Gatra.com - Seekor kambing berhasil diselamatkan Tim SAR Karanganyar dari dasar sumur milik warga Dusun Mirukun Rt 05/Rw IV Desa Banjarharjo, Kebakkramat, Minggu (17/5) pukul 21.00 WIB. Penyelamatan hewan ini berlangsung dramatis dan nyaris merenggut nyawa.

Komandan SAR Karanganyar Prihanto melalui Pelaksana Operasi SAR Karanganyar M Rasyid Al Fauzan mengatakan pemilik kambing bernama Suparno memutuskan meminta bantuan dirinya pada Minggu. Suparno menyerah karena fisiknya tak mampu mengevakuasi mandiri hewan ternaknya itu.

Pemilik kambing mengalami sesak napas dan dadanya sakit. Saat itu, ia berusaha mengambilnya sendiri. Namun di tengah sumur berdiameter satu meter itu, ia menyerah. Enggak sanggup meneruskan masuk sampai ke dasar, katanya kepada Gatra.com, Senin (18/5).

Usai merangkak naik ke permukaan, ia meminta bantuan relawan untuk membantunya turun lagi. Namun tak ada yang memiliki peralatan memadai. Daripada mati konyol, lebih baik mereka meminta bantuan SAR dan PMK Kabupaten Karanganyar.

"Pada prinsipnya siapapun yang meminta bantuan, kita tindaklanjuti. Meskipun yang akan dievakuasi hanyalah kambing," ujarnya.

Evakuasi kambing yang terjebak di dasar sumur dimulai Minggu malam sekitar pukul 19.30 WIB. Sebanyak sembilan personel bersarana lengkap seperti pakaian hazmat dan masker oksigen terlihat berhati-hati menguasai medan. Salah satunya diturunkan ke sumur sedangkan lainnya memberi penerangan, mengamati situasi dan menahan beban rekannya yang bertugas di dalam sumur. Jika salah langkah sedikit saja, bangunan sumur bisa ambrol dan mengubur mereka. Fauzan mengatakan, sumur itu melapuk. Terdapat beberapa gorong-gorong di dalamnya yang membuatnya labil.

"Cukup dramastis. Lubang sumurnya sempit, tanpa penerangan, dan sumur tua itu rawan runtuh," katanya.

Setelah berjibaku selama sejam lebih, kambing di dari dasar sumur berhasil diangkat. Untungnya, dasar sumur bergenangan air sedalam 1 meter itu tidak mengeluarkan gas beracun.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS