Home Internasional Bocor! Trump Minta Bantuan Cina untuk Menangkan Pilpres 2020

Bocor! Trump Minta Bantuan Cina untuk Menangkan Pilpres 2020

Washington DC, Gatra.com - Donald Trump memohon bantuan pemimpin Cina Xi Jinping untuk memenangkan pemilihan pemilihan presiden 2020. Bocoran ini disampaikan mantan pembantu presiden AS John Bolton menulis dalam sebuah buku baru yang eksplosif. Kutipan buku itu beredar Rabu, 17/06. Demikian AFP.

Dalam sebuah pertemuan dengan Xi Juni lalu, Trump "dengan menakjubkan mengalihkan pembicaraan ke pemilihan presiden AS, menyinggung kemampuan ekonomi Cina untuk mempengaruhi kampanye yang sedang berlangsung. Dia memohon kepada Xi untuk memastikan dia menang," klaim mantan penasihat keamanan nasional Bolton dalam bukunya yang akan terbit.

Dalam kutipan yang diterbitkan The Washington Post, The New York Times dan The Wall Street Journal, Bolton menulis bahwa Trump menekankan pentingnya petani Amerika dan bagaimana "peningkatan pembelian kacang kedelai dan gandum Cina" dapat berdampak pada hasil pemilihan di Amerika Serikat.

"Saya akan mencetak kata-kata persis Trump tetapi proses tinjauan pra-publikasi pemerintah telah memutuskan sebaliknya," kata Bolton, merujuk pada persyaratan naskahnya diperiksa bulan lalu oleh agen-agen AS.

Dia juga menggambarkan beberapa episode perilaku miring Trump. Bolton mengatakan "tampak seperti penghalang keadilan sebagai cara hidup, yang tidak bisa kita terima," menurut kutipan.

Pengungkapan ini beberapa bulan setelah pemakzulan Trump di DPR dan pembebasan Senat berikutnya, dan di tengah persaingan pemilihan presiden melawan saingannya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Bolton, yang merupakan tokoh konservatif kontroversial dalam politik AS, menghabiskan 17 bulan penuh gejolak di Gedung Putih sebelum mengundurkan diri September lalu. Dia menolak untuk memberikan kesaksian selama proses pemakzulan DPR Desember lalu, mengatakan bahwa dia hanya akan bersaksi jika dipaksa oleh hakim.

Setelah pemakzulan Trump, Bolton mengatakan pada Januari ia akan bersaksi di hadapan sidang Senat jika ia mengeluarkan surat panggilan pengadilan, tetapi Partai Republik memblokir upaya itu oleh Demokrat.

Bolton tidak secara eksplisit mengatakan apakah tindakan Trump yang baru terungkap adalah tindakan yang tidak bisa dilanggar, tetapi dia mengatakan dia memberi tahu Jaksa Agung Bill Barr tentang tindakan itu dan seharusnya diselidiki DPR.

Dia juga mengatakan Demokrat melakukan "malapraktik impeachment" dengan membatasi penyelidikan mereka pada transaksi Trump dengan Ukraina. Presiden dituduh menekan Kiev untuk mendapatkan kotoran rival Demokratnya.

"Seandainya DPR tidak hanya berfokus pada aspek Ukraina dari kebingungan Trump terhadap kepentingan pribadinya," tulis Bolton, "mungkin ada peluang yang lebih besar untuk membujuk orang lain bahwa 'kejahatan tinggi dan pelanggaran ringan' telah dilakukan."

12920