Home Politik Megawati Isi Orasi Pancasila di Wisuda Daring UNP 2020

Megawati Isi Orasi Pancasila di Wisuda Daring UNP 2020

Padang, Gatra.com - Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan mengisi orasi ilmiah, untuk wisuda daring (online) civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) periode ke-199 tahun 2020, pada Minggu (21/6) nanti.
 
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut, akan memberikan orasi ilmiah bertemakan "Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dan Solidaritas Sosial Kebangsaan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19" secara virtual di hadapan 868 wisudawan UNP.
 
"Kita memang sudah menjadwalkan beliau memberikan orasi ilmiah, pada wisuda secara inline nanti," kata Rektor UNP, Ganefri kepada Gatra.com, Kamis (18/7).
 
Dengan begitu, kata Ganefri, Megawati akan memberikan penguatan ideologi Pancasila kepada wisudawan UNP nanti. Pasalnya, Presiden ke-5 RI itu memang berkompeten dan dinilai sangat layak menyampaikan pengetahuan tentang Pancasila, sebagai dasar ideologi negara Indonesia.
 
Selain itu, menurut Ganefri, Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut juga memiliki ikatan yang kuat dengan kampus "Alam Takambang Jadi Guru" itu. Apalagi, putri Founding Father Republik Indonesia tersebut juga telah mendapatkan gelar kehormatan atau doktor honoris cuasa (HC) dari UNP pada tahun 2017 lalu. 
 
"Ibu Megawati tidak datang ke UNP saat wisuda nanti, tapi hanya bergabung untuk orasi ilmiah secara virtual," imbuh Ganefri.
 
1392