Home Gaya Hidup Jaga Keandalan Listrik, Ini Yang Dilakukan PLN UP3 Semarang

Jaga Keandalan Listrik, Ini Yang Dilakukan PLN UP3 Semarang

Semarang, Gatra.com – Pemeliharaan jaringan menjadi pekerjaan wajib yang harus dilakukan untuk menjaga pasokan listrik kepada pelanggan tetap terjaga. Pemeliharaan perlu dilakukan secara rutin dan terjadwal dengan baik.

Manager PLN UP3 Semarang, Donny Adriansyah mengatakan, pemeliharaan jaringan terdiri dari beberapa kegiatan, seperti penggantian peralatan dan material yang telah usang, penggantian tiang dan peninggian andongan kabel yang rendah, serta menjaga jarak aman jaringan dari pohon dengan kegiatan pemotongan pohon.

“Dalam kegiatan pemotongan pohon, PLN bekerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang. Hal ini agar hasil pemotongan pohon aman dan tetap memenuhi kaidah estetika tata kota,” katanya, Kamis (18/6).

Menurut dia, pemeliharaan tidak bisa serta-merta. Namun, harus terjadwal dengan baik, karena terkadang hal ini membutuhkan pembebasan tegangan listrik demi keselamatan petugas pelaksana.

“Dalam menjaga listrik tetap andal, PLN tetap berfokus pada keselamatan ketenagalistrikan, agar pelanggan dapat menikmati listrik dengan nyaman dan tetap aman,” ujarnya.

Dia mengaku, dibutuhkan juga peran serta masyarakat untuk menjaga keandalan kelistrikan. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau, agar masyarakat melaporkan setiap ada potensi gangguan dan bahaya kelistrikan, seperti pohon terlalu tinggi, pohon tumbang dan lainnya.

“Kami terus melakukan edukasi kepada masyarakat akan bahaya kelistrikan. Petugas pelayanan PLN juga rutin melakukan inspeksi ketenagalistrikan untuk menemukan potensi-potensi penyebab gangguan pasokan listrik, dan melakukan edukasi secara langsung jika ditemukan aktivitas yang membahayakan disekitar jaringan listrik. Segera laporkan ke contact center PLN 123, jika terjadi ganguan agar dapat segera ditindaklanjuti oleh petugas," pungkasnya.

 

156