Home Politik Surya Paloh Rekomendasi Jamal-Pantas di Pilkada Sibolga 2020

Surya Paloh Rekomendasi Jamal-Pantas di Pilkada Sibolga 2020

Sibolga, Gatra.com - Pasangan bakal calon (bacalon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumban Tobing kembali mendapatkan dukungan dan rekomendasi partai untuk pencalonan mereka maju pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020. Rekomendasi dan dukungan itu datang dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) besutan Surya Paloh.

Surat dukungan dan rekomendasi NasDem kepada pasangan Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lomban Tobing atau akrab dipangil pasangan Jamal-Pantas atau JP tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) DPP Partai Nasdem No : 200-SI/RP/DPP-Nasdem/VII/2020. Surat dukungan NasDem tersebut bahkan diserahkan langsung oleh Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar, kepada pasangan JP di kantor DPW NasDem Sumut di Jalan HM Yamin, Medan, Rabu (15/7).

Pasangan JP sebelumnya telah mengantongi surat rekomendasi dan dukungan dari dua partai politik (parpol) untuk mereka bisa maju di Pilkada Sibolga 2020. Ke dua surat rekomendasi dan dukungan itu berasal dari Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto dan Partai Demokrat (PD) besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sehingga dengan masuknya NasDem, dipastikan mereka (ke tiga parpol) akan menjadi teman koalisi dalam mendukung pasangan JP di Pilkada Sibolga 2020.

Penyerahan surat rekomendasi dan dukungan politik NasDem kepada pasangan JP oleh Ketua DPW NasDem Sumut tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Ketua DPD NasDem Sibolga, Delmeria Harun Sikumbang, bersama Sekretarisnya, Ahmad Syukri Nazry Penarik, serta jajaran pengurus DPW NasDem Sumut.

Delmeria Harun Sikumbang selaku Ketua DPD NasDem Sibolga, ketika dikonfirmasi wartawan terkait telah terbitnya surat rekomendasi dukungan NasDem kepada pasangan JP di Pilkada Sibolga 2020 tersebut, dengan tegas mengatakan, bahwa mereka dari DPD NasDem Sibolga tentunya akan mendukung dan memenangkan pasangan JP pada perhelatan Pilkada Sibolga 2020. Sebab kata dia, dalam menentukan pilihan pasangan bacalon Kepala Daerah (KDh), NasDem selalu mengacu kepada hasil survey. Terlebih lagi, NasDem tidak pernah merekayasa dan meminta mahar ketika menetapkan dukungan kepada pasangan bacalon KDh.

"Apalagi dukungan yang diberikan NasDem kepada setiap bacalon KDh tidak boleh diintervensi oleh siapapun. Maka itu, kalau sudah direkomendasikan oleh partai, wajib kita dukung dan menangkan. Dan kita harus optimis menjadi pemenang dan jangan pesimis," tukasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua DPD NasDem Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Bakhtiar bahkan mengaku kalau ia dan jajarannya akan totalitas dan all out serta akan mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk bisa memenangkan pasangan JP pada perhelatan Pilkada Sibolga 2020.

"Apalagi saat ini, ada Sekretaris DPD NasDem Sibolga, Ahmad Syukri Nazry Penarik, yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Sibolga. Begitu juga ada Ketua Fraksi NasDem, Obi Hutagaol, yang akan mengerahkan segala potensi mereka untuk memenangkan pasangan JP," tuturnya.

Bahkan untuk memenangkan pasangan JP, Bakhtiar mengaku bahwa ia pribadi sudah melakukan bincang-bincang/berdiskusi dengan Ketua DPD NasDem Sumut, Iskandar. Dalam perbincangan dan diskusi itu, Iskandar kata dia, merasa yakin kalau seluruh stake holders DPD NasDem Sibolga akan solid dan bersama-sama untuk memenangkan pasangan JP.

"Jadi, saya bersyukur, Allah SWT mengabulkan doa saya dan juga doa Ketua DPRD Sibolga, agar NasDem mendukung pasangan JP," tandasnya.

Sebelumnya, bakal calon (balon) Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih dirinya kepada NasDem, karena NasDem telah memberikan rekomendaai dan dukungan bagi pasangan JP. Menurutnya, hal itu sungguh sesuatu yang luar biasa, karena NasDem mau memberikan kepercayaan kepada pasangan JP di Pilkada Sibolga 2020. "Bahkan tanpa mahar satu sen pun," katanya.

Jamal yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati dan juga mantan Ketua DPRD Tapteng ini bahkan menyampaikan apresiasi dan terima kasih dirinya yang tinggi kepada Ketua DPD NasDem Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Dia menganggap Bakhtiar sebagai sosok yang memiliki peran penting dalam melakukan pendekatan politik ke DPP dan DPW NasDem Sumut, sehingga pasangan JP bisa memeroleh dukungan dan rekomendasi dari NasDem.

"Tentu untuk itu kami mengharapkan Ahmad Syukri Nazry Penarik, selaku Sekretaris DPW NasDem, sebagai Ketua Tim pemenangan pasangan JP nantinya," ungkap Jamal.

Dengan bertambahnya dukungan dari NasDem tersebut maka pasangan JP dipastikan bisa maju dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena sesuai aturan dan persyaratan untuk maju sebagai calon KDh, pasangan bacalon minimal cukup mengantongi 4 dukungan kursi partai di DPRD Sibolga. Sementara akumulasi kursi ke tiga parpol yang telah memberikan rekomendasi dan dukungan kepada pasangan JP (Gerindra, Demokrat dan NasDem), sudah melampaui batas minimal tersebut dengan jumlah 9 kursi dari 20 kursi yang ada di DPRD Sibolga.

644