Home Ekonomi Rencana Terbaru Penyelenggaraan GIIAS 2020

Rencana Terbaru Penyelenggaraan GIIAS 2020

Jakarta, Gatra.com – Ditengah pandemi Covid-19 yang masih menjadi persoalan global, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) merencanakan untuk tetap menyelenggarakan GIIAS 2020 The Series yang dikonsentrasikan pada 2 (dua) pameran, yakni GIIAS Surabaya 2020 dan The 28th GIIAS 2020, BSD-City. Namun, dalam perkembangannya, GIIAS Surabaya 2020 akhirnya dibatalkan karena pandemi di Surabaya masih menunjukkan tren peningkatan. GIIAS Surabaya akan kembali dilangsungkan pada tahun 2021 bagian dari 2021 GIIAS The Series bersama tiga kota lainnya yaitu Jakarta, Makassar dan Medan.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, menyatakan bahwa keputusan ini diambil sebagai bentuk kepedulian GAIKINDO terhadap pesebaran pandemi Covid-19 di Indonesia, dan khususnya di Surabaya. “Sebuah keputusan berat bagi kami untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 karena industri otomotif saat ini telah siap untuk mulai bangkit kembali. Namun, kesehatan masyarakat khususnya di Jawa Timur tetap menjadi prioritas kami, sehingga dengan satu suara GAIKINDO mengambil keputusan ini” jelasnya.

Yohannes juga menjelaskan bahwa bukan berarti keputusan ini akan menurunkan semangat industri otomotif Indonesia untuk terus bangkit, penyelenggaraan The 28th GIIAS 2020, BSD-CITY tetap diusung GAIKINDO sebagai ajang yang memberikan dorongan yang dibutuhkan industri otomotif Indonesia. “Kami akan tetap berupaya mendukung pemulihan industri otomotif skala nasional dengan berlangsungnya GIIAS 2020 di BSD-City. Karena kami yakin penyelenggaraannya akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk Industri otomotif menunjukkan performa mereka,” pungkasnya.

Ketua III GAIKINDO Rizwan Alamsjah, yang juga adalah ketua penyelenggara pameran GIIAS, memutuskan untuk lebih fokus mempersiapkan di GIIAS 2020 di BSD-CITY. "Agar seluruh peserta bisa tampil maksimal dan memberikan yang terbaik” ungkap Rizwan.

Persiapan juga terkait protokol Kesehatan ketat yang harus diberlakukan terkait kondisi dan situasi pengamanan Covid-19. Protokol ini bukan hanya diberlakukan untuk seluruh pengunjung, namun juga kepada seluruh peserta dan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pameran, seperti pihak venue penyelenggaraan pameran, para pekerja stand, penyedia makanan, hingga penyedia transportasi.

“Protokol kesehatan sedang dipersiapkan bersama, kami ingin semua pihak melakukan persiapan dengan detil baik dari pihak penyelenggara maupun para peserta, sehingga pameran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman untuk seluruh pengunjung” tuturnya.

The 28th GIIAS 2020, BSD-City akan berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).


 

48