Home Hukum Remisi Kemerdekaan, 12 Warga Binaan Lapas Purwokerto Bebas

Remisi Kemerdekaan, 12 Warga Binaan Lapas Purwokerto Bebas

Purwokerto, Gatra.com - Sebanyak 12 orang warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Purwokerto, Jawa Tengah, langsung menghirup udara bebas setelah mendapatkan remisi pada Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia. Remisi diserahkan Bupati Banyumas, Achmad Husein secara simbolik kepada dua perwakilan warga binaan, Senin (17/8).

Husein mengatakan, seharusnya pemberian remisi tidak hanya sebagai pemberian hak kepada warga binaan pemasyarakatan, tetapi juga merupakan bentuk apresiasi. Dukungan pemerintah terhadap warga binaan yang telah menunjukan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas, dan meningkatkan kompetensi diri. Mereka juga telah mengembangkan ketrampilan untuk dapat hidup mandiri. Selain itu, menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian.

"Pemberian remisi tidak melihat dari hukuman yang diberikan, maupun perbuatan melawan hukum apa yang dilakukan. [Remisi diberikan] melainkan perbuatan dan kepatuhan selama dalam lembaga pemasyarakatan," kata Bupati.

Dia berharap melalui pemberian remisi, seluruh warga binaan agar selalu patuh dan taat pada hukum atau norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab baik kepada Tuhan Maha Pencipta maupun sesama.

"Saya mengucapkan selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi, khususnya yang bebas. Saya minta kepada saudara, untuk kembali kepada keluarga serta bersosialisasi kembali dengan baik, agar keberadaannya dapat diterima masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Purwokerto, Ismono mengatakan, warga binaan yang mendapatkan Remisi Kemerdekaan tahun 2020 remisi umum sebanyak 426 orang, Remisi I sebanyak 414 orang dan Remisi II sebanyak 12 orang langsung bebas.

"Saat ini Lapas Purwokerto dihuni 608 orang warga binaan terdiri dari 564 orang narapidana dan lainya. Padahal kasiptas lapas hanya 488 orang," ujarnya.

Salah satu penerima remisi bebas, Suryadi mengaku bersyukur karena bisa kembali ke keluarga. "Saya senang bisa pulang," ucapnya singkat.

189