Home Politik DPP Golkar Usung Fakhrizal-Genius untuk Pilgub Sumbar 2020

DPP Golkar Usung Fakhrizal-Genius untuk Pilgub Sumbar 2020

Padang, Gatra.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah memutuskan Fakhrizal-Genius Umar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) untuk pemilihan gubernur (Pilgub) 9 Desember 2020 mendatang.

Juru Bicara DPD Golkar Sumbar, Agus Purwanto menyebutkan keputusan tersebut bersifat internal Golkar. Kendati Golkar tergabung dalam koalisi poros baru bersama PKB dan Nasdem, tapi keputusan tetap berada di DPP masing-masing. Dengan begitu, DPD diinstruksikan mendaftarkan Fakhrizal-Genius Umar ke KPU Sumbar.

"Kita memang sudah melakukan koalisi di daerah, dan diteruskan ke DPP masing-masing. Jadi rekomendasi tetap DPP masing- masing memutuskan," kata Agus di Padang, Sabtu (22/8).

Diketahui, keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan DPP Golkar Nomor SKEP-225/DPP/Golkar/VII/2020, tentang pengesahan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar dari Partai Golkar, tertanggal 19 Agustus 2020. Surat itu diteken Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartanto, dan Sekjen Partai Golkar, Lodewidjk F. Paulus.

Menurut Agus, banyak parameter DPP Golkar penetapan pasangan Fakhrizal-Genius Umar. Salah satunya, Fakhrizal berpengalaman banyak selama menjadi Kapolda Sumbar. Kemudian, Genius Umar berpengalaman sebagai pamong dan wali kota Pariaman. Selain itu, dukungan masyarakat kepada pasangan ini juga sangat kuat.

"Setidaknya verifikasi KTP dukungan oleh KPU ada 130 ribu dukungan, itu luar biasa. Golkar melihat itu dukungan yang besar, jadi nanti kita gerakkan relawan dan partai koalisi memenangkan Fakhrizal-Genius Umar," ujarnya.


 

167