Home Info Satgas Covid-19 Orangtua Harus Bersahabat Bagi Anak Selama di Rumah

Orangtua Harus Bersahabat Bagi Anak Selama di Rumah

126

Jakarta, Gatra.com - Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi, mengatakan bahwa orangtua harus bisa menjadi sahabat bagi anak-anak mereka selama masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan kegiatan lebih banyak di dalam rumah. 

Pria yang beken disapa Kak Seto ini menerangkan bahwa hal itu merupakan salah satu kunci untuk membuat anak nyaman selama berada di rumah akibat pandemi adalah orang tua harus bisa memosisikan diri mereka. 
 
"Oangtua harus berani berubah menjadi lebih tenang, sabar, gembira, kreatif dan penuh rasa syukur. Dengan berubah begitu kita memosisikan menjadi sahabat anak-anak," kata Kak Seto dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (4/10). 
 
Kak Seto menjelaskan bahwa hal semacam itu perlu dan harus dilakukan karena anak mengalami perubahan drastis selama pandemi. Pasalnya, mereka harus mengurangi, bahkan menghentikan aktivitas mereka untuk bertemu teman, serta belajar dan bermain di sekolah, dan kini harus menerapkan pelajaran jarak jauh. 
 
Untuk itu, Kak Seto mewanti bahwa jangan sampai orangtua memosisikan dirinya sebagai bos di rumah, yang gemar memberi perintah sehingga membuat anak-anaknya tidak betah selama di rumah. 
 
Selain itu, Kak Seto juga mendorong agar orang tua mendukung mengembangkan bakat anak dengan mengapresiasi potensi yang mereka miliki. Anak harus ditimbulkan perasaan gembira dan percaya diri. Ia mengatakan apresiasi tidak hanya harus dilakukan dalam ranah akademik tapi juga potensi lain seperti menyanyi atau bakat anak lainnya.
 
"Paling tidak apresiasi dari orang tua terhadap potensi setiap anak yang berbeda. Anak ditumbuhkan rasa percaya diri, bangga menjadi diri sendiri karena ada apresiasi dari lingkungan keluarga. Dan anak akan merasa nyaman sekali berada di rumah. Mungkin itu kunci utamanya," ujarnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS