Home Info Satgas Covid-19 Gugus Tugas Disinfeksi Pesantren Terpapar Covid-19

Gugus Tugas Disinfeksi Pesantren Terpapar Covid-19

106

Cilacap, Gatra.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mendisinfeksi pesantren di salah satu kecamatan, yang puluhan santrinya terkonfirmasi Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, M Wijaya mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan di ruangan maupun luar ruangan, tempat para santri beraktivitas. Gugus tugas juga terus melakukan contact tracing untuk mencegah penyebaran lebih luas.

Kata dia, sterilisasi pesantren itu dilakukan oleh tim gugus tugas gabungan, mulai dari kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa. Gugus tugas juga menerapkan protokol khusus penanganan lanjutan di pesantren tersebut.

“Pastinya sudah ada karantina. Itu dipisahkan,” kata Wijaya.

Informasi yang dihimpun, sebanyak 26 santri positif Covid-19. Sebagian santri dirawat di RS rujukan. Lainnya, masih menjalani onbservasi dan ditempatkan di karantina khusus yang telah disiapkkan.

Wijaya mengungkapkan, sebelumnya gugus tugas melakukan swab massal di pesantren tersebut. Sebanyak 67 orang diswab usai lima atau enam santri mengalami gejala mirip Covid-19. Menurut dia, tak menutup kemungkinan akan dilakukan swab massal lanjutan demi memastikan kondisi santri dan warga di pesantren tersebut.

Mengutip data corona.cilacapkab.go.id, per Minggu (4/10) jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap mencapai 228 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 163 orang sembuh dan enam orang meninggal dunia. Adapun 59 pasien Covid-19 lainnya masih dirawat.

Sementara, jumlah pasien suspek mencapai 370 orang. Rinciannya, sebanyak 314 orang sembuh, 34 orang meninggal dunia, dan 22 lainnya masih dirawat.

Sedangkan jumlah total kontak erat mecapai 3.824 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 3.591 orang selesai karantina mandiri, dan 233 lainnya masih menjalani karantina mandiri.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS