Home Info Satgas Covid-19 Dua Pekan, 4.414 Orang Langgar Prokes

Dua Pekan, 4.414 Orang Langgar Prokes

124

Pekanbaru, Gatra.com - Sebanyak 4.414 warga Provinsi Riau terjaring operasi yustisi yang digelar selama 2 pekan terakhir. Jumlah ini terhitung mulai 20 September hingga 4 Oktober 2020.

"Satgas Pemburu Teking Covid-19 sudah menegur dan memberikan sanksi kepada 4.414 warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di Riau. Ini dilakukan demi kedisplinan warga untuk selalu mematuhi prokes dalam rangka menanggulangi penyebaran virus corona," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Senin (5/10).

Sunarto mengatakan, dari 4.414 orang yang terjaring Operasi Yustisi,  3.385 di antaranya diberikan teguran lisan dan 1.029 teguran tulisan. Sebelum ditegur secara tulisan, para pelanggar diberikan sanksi sosial membersihkan fasilitas umum dan jalan. 

"Terus ada juga kita berikan sanksi denda. Ini dikenakan bagi pelanggar yang sudah sering kedapatan melanggar Prokes.Total denda yang terkumpul hingga saat ini Rp6.500.000," kata dia.

Dikatakannya lagi, total 1.729 personel gabungan yang terdiri dari 1167 Polri, 321 TNI, 496 Sat Pol PP, dan 438 Dishub di seluruh kabupaten atau kota di Riau diturunkan ke lapangan setiap hari untuk mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan serta menindak bagi yang melanggar.

Untuk memudahkan pelaksanaan tugas di lapangan, Satgas ini dilengkapi mobil yang memiliki perangkat teknologi berupa android tablet yang disematkan aplikasi Police Patrol Car, yang berfungsi untuk mengecek identitas melalui E-KTP, identifikasi plat nomor kendaraan bermotor, dan face recognition. 

"Dengan adanya kecanggihan teknologi ini, memudahkan petugas dalam mengidentifikasi serta mendata para pelanggar protokol kesehatan," kata dia.

Pemerintah Indonesia melalui Satgas Penanganan Covid-19 serta berbagai pihak terkait dan masyarakat terus menyoliasisasikan agar semua orang menaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di antaranya memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menerapkan pola hidup sehat, dan tidak berkerumun.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS