Home Ekonomi DPR: Sri Mulyani Pantas Jadi Menkeu Terbaik

DPR: Sri Mulyani Pantas Jadi Menkeu Terbaik

Jakarta, Gatra.com - Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad menyebut, Sri Mulyani pantas menyandang gelar Menteri Keuangan terbaik se-Asia Timur Pasifik. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Sri Mulyani dinilai mampu membuat keputusan-keputusan yang solutif dan efektif.

“Saya menjadi saksi bagaimana kepiawaian dan kecerdasan Menkeu dalam merumuskan suatu kebijakan fiskal ditengah Pandemi Covid-19,” katanya di Jakarta, Rabu (14/10).

Menurut Kamrussamad, lahirnya Peraturan Perundang-Undangan Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelamatan Sistem Keuangan Negara Dan Industri Keuangan, menjadi bukti kecepatan Menkeu dalam membangun asumsi dan prediksi serta dampak ekonomi akibat Covid-19.

Padahal, lanjutnya, Pandemi Covid-19 merupakan momen penting untuk menguji kemampuan kepemimpinan. Namun, ujian yang cukup sulit ini bisa dilalui Sri Mulyani dengan sangat baik.

“Covid-19 merupakan media untuk menguji leadership Para Pimpinan organisasi pemerintahan maupun non pemerintah, situasi extraordinary yang sangat ekskalatif menuntut ketangguhan seorang pemimpin dalam kecepatan mengambil keputusan di tengah bencana non alam ini,” ujarya.

Ia mengaku, selama delapan bulan terjadinya pandemi Covid-19, DPR selalu mengingatkan Sri Mulyani untuk memiliki basis data yang terintegrasi. Sehingga, pengambilan keputusan bisa lebih berkelanjutan dan adaptif di tengah tantangan dinamika ekonomi masyarakat yang tidak menentu.

“Covid-19 menuntut tiga hal secara bersamaan bagi suatu negara yaitu menyelamatkan Nyawa rakyat, Menyelamatkan ekonomi warga dan melindungi kehidupan sosial warga. Ini sungguh maha berat bagi Seorang Menteri keuangan yang tidak memiliki kemampuan leadership,” jelasnya.

875