Home Teknologi Menkominfo Janjikan Sinyal 4G Jangkau Semua Desa pada 2022

Menkominfo Janjikan Sinyal 4G Jangkau Semua Desa pada 2022

Yogyakarta, Gatra.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjanjikan pada akhir 2022 semua desa di Indonesia dijangkau sinyal intenet 4G. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, masih ada 41 titik lokasi blankspot.

Hal ini disampaikan Menkominfo usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di kompleks kantor Pemda DIY, Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (16/10).

“Pendekatan kami dari hilir ke hulu dengan memeriksa wilayah administrasi desa dan permukiman penduduk. Saat ini ada 12.500 desa dan kelurahan yang belum dilayani sinyal 4G,” ujar dia.

Untuk itu, fasilitas layanan itu di sekitar 9.100 desa terutama di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar akan dibangun oleh Kementerian Kominfo melalui APBN dan skema pembiayan pemerintah lainnya tahun depan.

“Sisanya, 3.400 desa menjadi wilayah kerja perusahan seluler yang sudah menyampaikan komitmen mereka,” kata Plate.

Menkominfo pun menjanjikan pada akhir 2022 seluruh desa dan kelurahan terlayani sinyal 4G, termasuk 41 titik di DIY. “Kami usahakan akses internet untuk dukung proses belajar selama pandemi dan sesudahnya,” kata dia.

Selain soal masalah fasilitas internet di DIY, Plate dan Sultan menyiapkan rencana langkah digitalisasi aksara Jawa yang dimulai paling lambat Desember 2020. “Ini penting agar prasasti dan peninggalan budaya bisa dipahami dan dilestarikan oleh generasi saat ini dan generasi masa depan,” tuturnya.

Plate menyebut juga akan menjadikan Yogyakarta salah satu pusat menyiapkan talenta digital, termasuk pengembangan sekolah tinggi multimedia. “Sultan memberi dukungan tinggi dan ajak memanfaatkan fasilitas di Yogya untuk membantu penyiapan talenta digital,” kata dia.

191