Home Milenial Indofood Danai Riset 60 Mahasiswa

Indofood Danai Riset 60 Mahasiswa

Jakarta, Gatra.com- Program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2020/2021 memberikan dana riset bagi 60 penelitian pangan mahasiswa S1 dari 31 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia. Penerima dana riset IRN juga berhak memperoleh pendampingan dan bimbingan teknis dari Tim Pakar IRN hingga penelitian selesai.

"Melakukan penelitian di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan sarjananya," ujar Ketua Program IRN dan Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Suaimi Suriady dalam Penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) secara daring, di Jakarta, Rabu (21/10).

Adapun Program IRN dengan tema “Milenial dan Penelitian Pangan Era Kenormalan Baru Menuju Indonesia Maju” ini akan digunakan untuk membiayai penelitian sebagai syarat kelulusan meraih gelar sarjana S1.

Di periode IRN kali ini, jumlah proposal penelitian yang diterima mencapai 296 proposal dari 38 perguruan tinggi. Setelah melalui tahap seleksi, Tim Pakar menetapkan 60 proposal dari 31 perguruan tinggi yang berhak menerima bantuan dana riset.

“Tidak hanya memperoleh bantuan dana, mereka juga akan mengikuti pelatihan, coaching clinic serta mendapatkan bimbingan dan pendampingan oleh pakar-pakar yang sudah dikenal baik di Indonesia maupun di tingkat global,” ungkap Suaimi.

Sebagai informasi Program Indofood Riset Nugraha (IRN) merupakan program bantuan dana penelitian bagi mahasiswa S1 yang tengah menyelesaikan tugas akhir atau penelitian di bidang penganekaragaman pangan. Program ini dimulai sejak 2006 sebagai lanjutan dari Bogasari Nugraha yang telah dirintis sejak tahun 1998.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penganugerahan kepada Empat Peneliti Terpilih dari program IRN periode sebelumnya, yakni IRN Periode 2019/2020.

Keempat orang peneliti ini terpilih karena memenuhi kriteria penilaian yang meliputi lima aspek. Yakni pelaksanaan penelitian, mutu penelitian, serta teknik presentasi, penguasaan materi dan sikap peneliti. Mereka adalah :

1. Nama: Meysi Azkiyah

Universitas: Universitas Hasanuddin

Judul Proposal: Produksi Pasta Cao Probiotik Sebagai Penyedap Rasa Alami

2. Nama: Atiaturrochmah

University’s: Universitas Brawijaya

Judul Proposal: Analisis Genetik Cabai Rawit  (Capsicum Frutescens. L) Genotipe Mutan G7/01 Generasi Ke 4 Hasil Mutasi Ems

3. Nama: Aena Sania Rahmani

Universitas: Institut Teknologi Bandung

Judul Proposal: Efisiensi Penyerbukan Lebah Tanpa Sengat (Tetragonula laev iceps) Pada Perbungaan Tanaman Ranti((Solanum nigrum L.) dan Kacang Panjang (vigna sinensis L.) Dengan S istem Tumpangsari

4. Nama: Fahri Sinulingga

Universitas: Institut Pertanian Bogor

Judul Proposal: Paduan Extra Virgin Fish Oil Mata Tuna Dengan Antioksidan Alami Kayu Secang Sebagai Food Suplement

311