Home DPD RI News Antisipasi Kecurangan Pilkada, Bawaslu Kota Mataram Perketat

Antisipasi Kecurangan Pilkada, Bawaslu Kota Mataram Perketat

Mataram, Gatra.com-Ditengarai paling rawan potensi terjadinya kekurangan pada saat hari H Pemilukada di kota Mataram, Bawaslu Kota Mataram gencar melakukan upaya pengawasan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 agar berlangsung secara demokratis.

“Karena itu guna memaksimalkan pengawasan pada hari H pemungutan suara kita dari sekarang memastikan akan memberikan pengawasan ekstra ketat di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan menghadirkan pengawas TPS yang kredibel dan andal,” ujar Ketua Bawaslu Kota Mataram M Husni Abidi, Sabtu (31/10).

Menurutnya, salah satu elemen penting pengawasan saat pumungutan suara yakni di Pengawas TPS. Pengawasan TPS merupakan ujung tombak dari proses pengawasan saat perhitungan suara.

Diharapkan pengawas TPS agar dapat menghasilkan pengawas TPS yang berkualitas, profesional dan berintegritas. Sebab kualitas Pilkada Kota Mataram juga akan sangat ditentukan oleh keberadaan pengawas TPS.

“Pengawasan TPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Tentu Pengawas TPS yang demikian adalah sosok yang punya prinsip menjunjung tinggi integritas, mengerti tugas dan wewenangnya sehingga ia dapat memainkan peranan pentingnya,” tekannya

Dikatakan, Bawaslu Kota Mataram juga turun melakukan supervisi memastikan proses, tata cara, pembentukan Pengawas TPS berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Selain itu untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh Panwaslu Kecamatan selama proses pembentukan Pengawas TPS.


 

 

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR