Home Gaya Hidup Kepala Sekolah Covid, 16 Siswa Absen Uji Coba PTM

Kepala Sekolah Covid, 16 Siswa Absen Uji Coba PTM

Wonogiri, Gatra.com- SMA Negeri 2 Wonogiri merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Wonogiri yang ditunjuk oleh provinsi Jawa Tengah untuk melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Uji coba PTM ini berlangsung pada Senin (9/11) hingga Jum'at (20/11) mendatang.

Namun di hari keempat, Kamis (12/11) kemarin, sebanyak 16 siswa SMA Negeri 2 Wonogiri tidak menghadiri simulasi PTM. Hal ini lantaran para siswa dan wali murid was-was setelah mengetahui kepala sekolah, Sumanto, terkonfirmasi positif Covid-19 pada Rabu (11/11).

Kepala SMAN 2 Wonogiri, Sumanto menyampaikan, meski dirinya terkonfirmasi positif Covid-19, tetapi uji coba PTM tetap dilanjutkan. Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri bersama pihak sekolah sudah mengambil langkah untuk mencegah penularan di sekolahan. Namun, Sumanto tidak bisa memaksa para siswa peserta uji coba PTM yang akhirnya memutuskan tidak menghadiri PTM di hari keempat.

Diketahui pada hari Kamis kemarin, simulasi PTM diikuti oleh 24 siswa. Mereka tetap dibagi tiga kelas seperti sebelumnya. Bagi siswa yang masih konsisten mengikuti kegiatan diminta tetap semangat.

Motivasi itu disampaikan oleh guru sebelum PTM dimulai. Bahkan, setiap guru yang mengajar diminta selalu menyisipkan motivasi atau pesan-pesan konstruktif agar siswa selalu semangat mengikuti PTM, disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menerapkan pola hidup sehat supaya imunitas tubuh selalu terjaga.

"Kami meminta mereka turut memberi semangat teman-teman mereka yang tidak masuk agar bersedia masuk pada hari berikutnya," ucapnya Jum'at (13/11).

Menyikapi 16 siswa SMAN 2 Wonogiri yang tidak masuk, pihak sekolah tetap menghubungi siswa dan orang tua mereka untuk memberi penjelasan tentang kondisi sekolah. Langkah itu dipandang perlu karena bukan tidak mungkin siswa dan orang tua was-was lantaran tak mendapatkan informasi yang utuh terkait Sumanto yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sumanto berharap setelah diberi penjelasan orang tua mengizinkan siswa mengikuti uji coba PTM lagi.

"Kemarin ada orang tua ada yang datang ke sekolah. Guru memberi penjelasan secara terbuka. Alhamdulillah orang tua bisa memahami kondisi dan mengizinkan anak mengikuti simulasi PTM," terangnya.

246