Home Ekonomi Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi Jadi Atensi Kadin Sumsel

Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi Jadi Atensi Kadin Sumsel

Palembang, Gatra.com - Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), memberi atensi kepada pemerintah daerah agar lebih maksimal memulihkan perekonomian yang terpuruk dampak pandemi corona virus disease 19 (Covid-19).

Ketua Kadin Sumsel, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, jika pihaknya terus bergerak turut membantu pemerintah memulihkan perekonomian di Bumi Sriwijaya, dengan mendorong pemerintah merealisasikan hilirisasi sektor perkenunan  kelapa sawit maupun karet.

“Kami (Kadin Sumsel) memberikan catatan agar pemerintah daerah di kabupaten dan kota, serta provinsi ini untuk lebih maksimal lagi guna memperhatikan hilirisasi sektor perkebunan kelapa sawit milik petani rakyat,” ujar Dodi.

Menurut dia, peningkatan hilirisasi sektor perkebunan kelapa sawit sangat tepat dilakukan di Sumsel. Hampir sebagian lahan perkebunan di provinsi ini, didominasi lahan perkebunan kelapa sawit dan juga karet milik rakyat.

“Ada ribuan petani kelapa sawit dan karet yang menggantungkan hidup mereka dari bertani dan berkebun. Dengan peningkatan sektor hilirisasi itu, nantinya harga kelapa sawit akan meningkat dan memberikan kontribusi positif bagi petani sawit rakyat,” kata dia.

Bupati Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, ini mencontohkan pemerintahannya yang menginisiasi pengolahan kelapa sawit menjadi bensin. Hal tersebut merupakan inovasi terobosan yang nyata di hilirisasi sektor kelapa sawit.

“Nah, dengan menggandeng Kadin Sumsel, semoga sinergi Kadin bersama Pemda di Sumsel, akan lebih baik lagi dan memberikan kontribusi nyata dalam upaya pemulihan ekonomi di Sumsel, dari berbagai sektor perekonomian,” terangnya.

Dodi sendiri kembali menahkodai Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), periode 2020-2025 setelah terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Provinsi (Muprov) VII yang berlangsung di Hotel Santika Premiere, Senin (7/12).

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Pusat, Rosan P Roeslani mengaku, periode pertama Dodi sebagai Ketua Kadin Sumsel, banyak melahirkan ide-ide cemerlang dalam menyokong peningkatan ekonomi Sumsel.

“Ya, itu harus terus dipertahankan. Bahkan, terus ditingkatkan lagi untuk lima tahun ke depan,” ungkap Rosan, yang juga Wakil Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pusat.

Ia mengatakan, Kadin Sumsel, akan terus maju bila dipimpin seperti sosok Dodi Reza. “Karena itu, kami turut mengapresiasi inovasi dan terobosan Dodi Reza, yang menjabat Bupati Muba, telah merealisasikan pengolahan kelapa sawit menjadi bensin,” tandasnya.

188