Home Politik Aneh! Rekap Masih Ketat, Kadis dan Camat Ucapkan Selamat

Aneh! Rekap Masih Ketat, Kadis dan Camat Ucapkan Selamat

Labuhanbatu, Gatra.com- Ada pemandangan aneh pasca pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Paslon pada Pilkada Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, 9 Desember 2020 lalu. Bagaimana tidak, walaupun KPU belum melakukan penetapan pemenang suara terbanyak pada kontes calon bupati dan wakil bupati tersebut, namun telah ramai ucapan selamat kepada paslon nomor urut 3 pasangan H Andi Suhaimi Dalimunthe - Faizal Amri Siregar (Asri) yang merupakan paslon petahana.

Padahal hasil Quick Count dengan 37,23% suara masuk, pasangan Asri mengumpulkan 36,7%. Bersaing ketat dengan pasangan Nomor 2 Erik Adtrada Ritonga — Ellya Rosa Siregar yang mengumpulkan 35,6%.

Amatan Gatra.com di sekitar lingkungan rumah Dinas Bupati Labuhanbatu, jalan Pramuka Rantauprapat, Kamis (10/12), puluhan papan bunga ucapan selamat terpilih telah berjajar, bahkan sebagiannya berasal dari camat maupun kepala organisasi perangkat daerah. 

Misalnya saja, ucapan melalui papan bunga itu berasal dari Tuahta R Saragih yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Zuhri selaku Kepala Balitbang, Indra Sila selaku Kaban PKAD, Adlin Tanjung selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Hobol Z Rangkuti selaku Kepala Bappeda, Agus Salim Ritonga selaku Kepala Dinas Pertanian.

Selanjutnya, Leo Sunarta selaku Kepala Arsip dan Perpustakaan, H Kamal Ilham selaku Kepala Dinas Kesehatan, Rajid Yuliawan selaku Kepala Diskominfo, M Syafrin selaku Kepala PUPR, M Yunus selaku Kepala Satpol-PP dan H Turing Ritonga selaku Camat Rantau Utara.

Spontan, pemandangan ucapan selamat melalui papan bunga yang berasal dari camat maupun kepala OPD tersebut, menimbulkan asumsi miring. Pandangan warga, hal itu belum layak dilakukan sebelum KPU menentukan perolehan suara terbanyak. "Aneh juga, baru sehari pencoblosan, sudah ada euforia kemenangan. Lebih mengherankan lagi, ucapan itu dari para kepala-kepala organisasi perangkat daerah," sebut M Fajri (54) warga Rantauprapat.

Komentar positif juga menggelinding dari warga. Menurut S Silaen yang juga warga Rantauprapat, ucapan selamat itu sebuah bentuk kegembiraan yang diperlihatkan, khususnya oleh jajaran pemerintahan. "Wajar juganya itu, namanya bawahan, ucapan selamat bentuk dukungan positif," ujarnya.

Sementara, Camat Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, H Turing Ritonga dimintai komentar terkait adanya papan bunga miliknya melalui jaringan whatsapp, Kamis (10/12) hingga berita dikirimkan, belum juga berkomentar.

Sebelumnya, Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi dimintai tanggapan menerangkan, data yang resmi tentunya tetap dari KPU Labuhanbatu sebagai penyelenggara pemilihan yang dilakukan berjenjang dengan batas akhir tanggal 17 Desember mendatang. "KPU juga punya data kontrol, namun bukan data yang menjadi hasil nantinya," beber Wahyudi.

Hal senada diutarakan Ketua Bawaslu kabupaten setempat, Makmur. Menurutnya, pihaknya berharap semua pihak menahan diri dan terkait hasil akan tetap menunggu hasil resmi penghitungan dari KPU.

7038

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR