Home Politik Hasil Sementara, NA-IC Dulang Suara di Kepulauan Mentawai

Hasil Sementara, NA-IC Dulang Suara di Kepulauan Mentawai

Mentawai, Gatra.com - Pasangan calon nomor urut 2 pemilihan gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC) mendulang suara hampir di semua tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Berdasarkan hasil data dan logistik Panitia Pemungutan Suara (PPS), sebanyak 23 TPS yang tersebar di Kecamatan Siberut Utara, paslon usungan Partai Gerindra ini memperoleh 1.595 suara. Mulai di antaranya Desa Muara Sikabaluan, Monganpoula, Sotboyak, Sirilogui, dan Malancan.

"Data yang masuk dari PPS, hanya di Bojakan paslon ini kalah dengan 143 suara. Sedangkan di desa lainnya, suara Nasrul Abit-Indra Catri unggul," kata Ketua PPK Siberut Utara, Kandidus Sikaraja, Sabtu (11/12).

Posisi kedua perolehan suara di Siberut Utara yakni nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukhni dengan jumlah 935 suara. Kemudian, disusul paslon nomor urut 3, Fakhrizal-Genius Umar dengan perolehan 376 suara. Terakhir, paslon nomor urut 4, Mahyeldi-Audy Joinaldy dengan total hanya 256 suara.

Begitu juga di Kecamatan Siberut Selatan, paslon dengan sebutan NA-IC unggul dengan perolehan suara sebanyak 1.390 suara. Diikuti Mulyadi-Ali Mukhni dengan perolehan 607 suara. Lalu urutan ketiga paslon Mahyeldi-Audy Joinaldy 313 suara, dan paslon Fakhrizal-Genius Umar 246 suara.

"Jumlah itu dari 22 TPS yang tersebar di 5 desa daerah Siberut Selatan, masih ada 3 TPS yang belum melaporkan hasil," sebut Ketua PPK Siberut Selatan," Walman Pandapotan.

NA-IC juga menang telak di TPS Desa dan Kecamatan Sikakap. Setidaknya berdasarkan data yang masuk dari dua TPS, yakni 121 suara. Mulyadi-Ali Mukhni 11 suara, Fakhrizal-Genius Umar 14 suara, dan Mahyeldi-Audy 59 suara. Sedangkan suara di 14 TPS belum masuk.

Sementara itu, hasil perolehan data di situs resmi KPU, data baru masuk 5,66%. Perolehan suara paslon NA-IC unggul dengan 964 suara, lalu paslon Mulyadi-Ali Mukhni 594 suara. Kemudian urutan ketiga, Fakhrizal-Genius Umar 248 suara dan paslon Mahyeldi-Audy Joinaldy 481 suara. 

926