Home Hukum Ini Beberapa Program Unggulan BNN Cegah Narkotika di 2020

Ini Beberapa Program Unggulan BNN Cegah Narkotika di 2020

Jakarta, Gatra.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) telah melakukan beberapa program unggulan secara massif bersama dengan seluruh komponen bangsa, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta para orangtua untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

Kepala BNN, Heru Winarko, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (22/12), menyampaikan, program tersebut merupakan upaya dari Bidang Pencegahan BNN selama tahun 2020 ini. Upaya pencegahan secara masif karena penyelesaian permasalahan narkotika harus dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan mulai dari hulu sampai hilir.

"Selain melakukan upaya pemberantasan terhadap para pelaku dan bandar narkotika, BNN juga melakukan upaya pencegahan secara masif," ujarnya.

Beberapa program unggulan dari bidang pencegahan yang telah dilaksanakan selama tahun 2020, yaitu:

1. Rumah Edukasi Anti-Narkoba (REAN.ID) yang dapat diakses pada portal https://rean.bnn.go.id melalui portal ini, BNN menggelar lomba video kreatif dengan mengangkat kearifan budaya lokal dan dihubungkan dengan ?#hidup100persen sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat.

2. Aplikasi Sistem Pelaporan Relawan Anti-Narkoba (Siparel) yang memudahkan relawan dalam melakukan sosialisasi dan melaporkan kegiatannya.

3. Social Media Center (SMC) untuk melakukan pemantauan dan pengukuran terhadap aktivitas postingan media sosial terkait P4GN.

4. CNS podcast yang mengudara bersama berbagai narasumber yang kompeten dengan durasi 30 menit dengan bentuk dialog dua arah dalam kanal YouTube.

5. Kampanye dengan tema #hidup100persen yang diharapkan menjadi sebuah gerakan massal, terutama bagi para pekerja media dan lingkungan kementrian atau lembaga untuk bersama-sama digelorakan hastag atau tagar ini di berbagai lapisan masyarakat.

6. Desa Bersinar (Bersih Narkoba) bekerja sama dengan pemerintah setempat, masyarakat, dan swasta membentuk strategi dengan membuat regulasi, kegiatan P4GN, relawan antinarkoba, dan agen pemulihan.

7. Membentuk relawan antinarkoba yang sampai dengan saat ini BNN telah memiliki 6.290 orang relawan yang tersebar di seluruh Indonesia.

8. Intervensi ketahanan keluarga berbasis sumber daya desa sebagai prioritas nasional.

9. Strategi menggunakan media konvergensi seperti kampanye media sosial dan situs web atau berbagai platform untuk berkomunikasi secara langsung dan interaktif kepada publik. Bahasa yang digunakan dalam platform ini adalah bahasa ringan yang mudah diterima oleh masyarakat untuk menciptakan komunikasi dua arah di seluruh program. 

4275