Home Gaya Hidup Kyai Desa Raih Top 3 PNS Inspiratif Kementerian PANRB

Kyai Desa Raih Top 3 PNS Inspiratif Kementerian PANRB

Cilacap, Gatra.com– Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) pada Desember ini mengumumkan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2020. Dari 10 kandidat, KemenPANRB memilih tiga terbaik dari masing-masing kategori, meliputi PNS Inspiratif, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan, dan The Future Leader.

Menariknya, salah satu kandidat yang akhirnya terpilih menjadi Top 3 PNS Inpsiratif adalah pengasuh pondok pesantren di pedesaan. Dia adalah KH Fathul Aminudin Aziz, Ketua Yayasan Elbayan, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Elbayan dan Ponpes Nurjalin, dan Elfira.

Fathul Aminudin Aziz, sang peraih top 3 PNS Inspiratif mengatakan, ia tak pernah bermimpi meraih penghargaan tertinggi tingkat nasional tersebut. Sebab, apa yang dilakukannya selama ini tak ada kaitan dengan pekerjaannya sebagai ASN. “Bagi yang yang terpenting yang saya pikirkan adalah, bahwa manusia terbaik ada lah yang bermanfaay sebesar-besarnya untuk masyarakat,” ucapnya.

Dia menjelaskan, saat ini ia mengembangkan pesantren berbasis pertanian dan pesantren modern, dan berupaya mendekatkan pendidikan kepada masyarakat. Caranya yakni dengan mendirikan pesantren sekaligus SMK dan perguruan tinggi di pedesaan.

“Kuncinya adalah bagaimana mendekatkan pendidikan kepada masyarakat, agar anak-anak dan generasi muda di pedesaan bisa mengakses pendidikan dengan mudah,” ujarnya.

Mengutip laman KemenPANRB, penghargaan Anugerah ASN 2020 merupakan puncak dari rangkaian seleksi Anugerah ASN 2020. Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengungkapkan, peserta yang ikut dalam ajang bergengsi ini telah melewati seleksi administrasi, presentasi dan wawancara, serta penilaian rekam jejak dan integritas.

MenPANRB, Tjahjo Kumolo mengatakan setiap tahapan seleksi Anugerah ASN 2020 dilakukan secara objektif dan ketat berdasarkan persyaratan administrasi dan kriteria penilaian, demi terjaringnya kandidat terbaik dari masing-masing kategori. "Para kandidat disaring melalui empat instrumen penilaian, yaitu inspirasi, inovasi, dampak, serta kepemimpinan. Mereka dinilai oleh tim juri independen," tutur Tjahjo.

Tahun ini, terekam sebanyak 945 usulan ASN pada tiga kategori diusulkan dalam Anugerah ASN 2020. Dari usulan yang masuk, dilakukan seleksi administrasi dan seleksi tahap I kemudian dipilih 100 kandidat terbaik dari ketiga kategori. Pada seleksi tahap II, dewan juri Anugerah ASN 2020 menetapkan 30 kandidat untuk seluruh kategori untuk menjalani wawancara. Di puncak penganugerahan, akan diumumkan tiga terbaik dari masing-masing kategori.

Bagi tiga terbaik masing-masing kategori akan diberikan trofi, sertifikat, serta penghargaan lainnya. Sementara Top 10 kandidat kategori PNS Inspiratif, PPT Teladan, dan The Future Leader lainnya masing-masing juga akan turut mendapatkan sertifikat penghargaan.

418

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR