Home Kebencanaan BBWS Sumatera VIII akan Operasi Pemeliharaan Lima Sungai

BBWS Sumatera VIII akan Operasi Pemeliharaan Lima Sungai

Palembang, Gatra.com - Di tahun 2021 mendatang, setidaknya ada lima sungai di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan dilakukan operasi pemeliharaan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII.

Kepala BBWSS VIII, Birendrajana didampingi Kepala Seksi Perencanaan dan Program, Doddy Meidiansyah, mengatakan kelima sungai tersebut adalah Sungai Bendung, Kedukan, Kelekar, Perkuatan Tebing Bailangu, dan Sekanak Lambidaro.

“Lima sungai itu akan kita lakukan OP (Operasi Pemeliharaan) tahun depan (2021),” ujarnya di Palembang, Kamis (31/12).

Dikatakan, tahun ini OP sedang menjalankan pemeliharaan rutin tiap tahunnya untuk anak Sungai Musi. Setidaknya ada 16 anak Sungai Musi.

BBWSS VIII pun tahun depan akan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk membuat kolam retensi yang berada di Simpang Bandara dan Punti Kayu. Kini, pembangunan kedua kolam retensi tersebut sudah dibahas oleh pemerintah kota setempat.

“Sejauh ini, kita masih menunggu. Sebab, masih terkendala pembebasan lahan oleh Pemkot Palembang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya terus melakukan operasi dan pemeliharaan terhadap kolam retensi Brimob di Jalan Demang Lebar Daun dan pompa pengendalian banjir Sungai Bendung. Tujuannya, untuk mengatasi banjir saat musim hujan mengguyur Kota Palembang.
“Ya, kalau persoalan menangani banjir saat musim hujan seperti saat ini, kita sudah membentuk satgas (satuan tugas),” katanya.

360

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR