Home Kebencanaan Wisma Atlet Digunakan Jika Rumah Sakit ‘Over Capacity’

Wisma Atlet Digunakan Jika Rumah Sakit ‘Over Capacity’

Palembang, Gatra.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan akan membuka kembali Wisma Atlet yang berada di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Kota Palembang untuk rumah sehat bagi pasien virus corona atau Covid-19.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan pembukaan Wisma Atlet tersebut dapat dibuka kembali intuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan menengah di Bumi Sriwijaya. Namun, pembukaanya harus melihat kapasitas rumah sakit rujukan di wilayahnya.

“Saya sudah perintahkan untuk buka Wisma Atlet. Tapi, itu (Wisma Atlet) dibuka saat rumah sakit over capacity (kelebihan hunian) pasien, tidak cukup lagi langsung kita buka,” ujarnya di Palembang, Kamis (7/1).

Kendati begitu, katanya, sejauh ini seluruh petugas terus standby. Artinya, saat Wisma Atlet di Jakabaring kembali dibuka semuanya telah siap. “Jadi, kita akan melihat kondisi tingkat hunian di rumah sakit rujukan yang ada saat ini. Petugas, semuanya standby,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Provinsi Sumsel, Lesty menambahkan pemerintah provinsi setempat memang berencana akan membuka kembali Wisma Atlet Jakabaring. Pasalnya, Gubernur Sumsel, telah menyetujui rencana pembukaan tersebut sebagai opsi penanganan wabah asal Wuhan, China di wilayahnya.

“Penggunaan itu (Wisma Atlet) untuk rumah sehat sedang kita lakukan kajian. Ya, apakah untuk rumah sehat atau rumah sakit darurat. Kalau rumah sakit darurat, nantinya akan dipegang rumah sakit yang telah ada,” ujarnya.

Menurutnya, Wisma Atlet itu dapat menampung sekitar 1.000 pasie. Apalagi, Wisma Atlet sendiri pernah digunakan beberapa bulan pascakonfirmasi kasus corona pertama terjadi di Sumsel pada Maret 2020 lalu. “Pada prinsipnya, pak gubernur setuju membuka kembali. Hanya saja kita melihat kondisi kasus Covid-19 yang terjadi,” katanya.

329