Home Ekonomi Lonjakan Penumpang Pesawat Naik 31,40%

Lonjakan Penumpang Pesawat Naik 31,40%

Palembang, Gatra.com - Jumlah penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), mengalami peningkatan selama masa pandemi Covid-19.

“Orang yang berangkat dari Palembang menggunakan pesawat naik hingga 31,40%,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih di Palembang, Kamis (7/1).

Pada November 2020 tercatat ada sebanyak 55.217 orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding Oktober 2020 yang hanya mencapai 42.023 orang.
“Semuanya adalah penumpang domestik. Sedangkan untuk jumlah penumpang yang datang di Bandara SMB II Palembang pada November 2020 secara keseluruhan berjumlah 55.349 orang. Jumlah itu naik 29,29% dibanding Oktober 2020 yang tercatat 42.811 orang,” katanya.

Sementara itu hingga bulan November semua penerbangan komersil langsung internasional di Bandara SMB II Palembang masih ditutup.

“Karena itu, hingga November lalu belum ada keberangkatan penumpang penerbangan internasional dari Bandara SMB II Palembang,” ujarnya.

Sebagai informasi Bandara SMB II Palembang merupakan pintu gerbang udara wisata yang penting di wilayah Sumsel. Dimana bandara tersebut melayani penerbangan domestik maupun internasional.

Penerbangan domestik yang berasal dari dan tujuan ke Bandara SMB II Palembang melayani Jakarta, Bandung, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Batam, dan Jambi.

Kemudian, Pekanbaru, Medan, Pangkal Pinang, Lampung, Bengkulu, Padang, Tanjung Pandan, dan Yogyakarta. Sementara penerbangan internasional komersil hanya dua negara saja, yakni Malaysia dan Singapura.

223