Home Kesehatan Waspada Ledakan Covid 19 di Pertengahan Januari 2021

Waspada Ledakan Covid 19 di Pertengahan Januari 2021

Medan, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan semua pihak agar waspada terhadap kemungkinkan peningkatan kasus Covid 19 di pertengahan Januari 2021.

Hal itu diungkapkan Luhut Binsar Panjaitan dalam rapat koordinasi secara virtual dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut serta lima provinsi lain meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Riau, Sumbar dan Papua, Jumat (8/1).

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau kepada pemerintah daerah untuk melakukan pembatasan kegiatan yang dilakukan masyarakat. Karena menurutnya, di akhir tahun kerumunan massa banyak terjadi dan imbasnya kasus Covid-19 meningkat.

“Berdasarkan tingkat kepatuhan di bulan November terjadi penurunan, di situ ada demo Omnibuslaw, banyak kegiatan masyarakat seperti acara pernikahan, libur akhir tahun dan sebagainya. Hasil yang kita dapat, kasus meningkat di bulan Desember dan awal tahun. Kita minta pemerintah dan masyarakat memperhatikan ini, tetap kontrol,” katanya.

Luhut juga mengingatkan kepada Gubernur Sumut agar lebih mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 di pertengahan Januari 2021. Karena dari perhitungan kasus Covid 19 kemungkinan meningkat tanggal 15, 16 dan 17, Januar, setelah liburan Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menambahkan akan mengeluarkan protokol pengobatan yang baru untuk mempermudah penanganan pasien Covid-19. Menurutnya, protokol pengobatan ini juga akan lebih mudah diterapkan petugas kesehatan di daerah-daerah.

“Untuk mempermudah penanganan Covid-19 mudah-mudahan minggu depan protokol pengobatan bisa kita keluarkan agar lebih mudah dilakukan petugas medis di daerah. Selain itu, kita juga akan memperhatikan distribusi obat-obatannya,” katanya.

Provinsi Sumut mengalami penurunan penyebaran Covid-19. Hingga 7 Januari kasus aktif di Sumut 11 %, 3 poin lebih rendah dari rata-rata nasional, kesembuhan 85,4 % (nasional 82%) dan tingkat kematian 3,7 % (nasional 3 persen).

Namun, menurut Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, masyarakat dan pemerintah tidak boleh mengurangi tingkat kontrol dan kedisiplinan melawan Covid-19. Pemprov Sumut terus mengampanyekan penerapan Prokes di lingkungan masyarakat. Khususnya penerapan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air dan sabun. Pemerintah Provinsi Sumut menilai cara tersebut merupakan langkat tepat memutus mata rantai penyebaran virus corona.

1100

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR