Home Politik Sah Zul Elfian-Ramadani Pemenang Pilkada Kota Solok 2020

Sah Zul Elfian-Ramadani Pemenang Pilkada Kota Solok 2020

Solok, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat resmi menetapkan pasangan calon (paslon) Zul Elfian-Ramadhani Kirana Putra sebagai pemenang Pilkada Kota Solok 2020 dalam rapat pleno terbuka di Aula Hotel Taufina Kota Solok, Sabtu (23/1). 
 
Rapat terbuka tersebut turut dihadiri paslon wali kota dan wakil wali kota lainnya, Reinier-Andri Marant, Ismael Koto-Edi Candra, dan Yutris Can-Irman Yefri Adang. Rapat pleno terbuka juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perwakilan partai politik pengusung masing-masing paslon. 
 
Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil mengatakan tahapan Pilkada Kota Solok 2020 telah berakhir setelah penetapan dilakukan.
 
"Penetapan ini berdasarkan Keputusan KPU Kota Solok Nomor: 146/PL.02.6-Kpt/1372/KPU-Kot/XII/2020. Jadi, sampai penetapan pemenang Pilkada Kota Solok lah kerja kita (KPU)," kata Asraf kepada Gatra.com
 
Asraf juga menjelaskan penetapan pemenang dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) tidak ada sengketa hasil Pilkada Kota Solok. Surat itu sudah diterima KPU Kota Solok.
 
"Setelah kita terima surat tersebut, kita punya waktu untuk mengadakan pleno penetapan pemenang Pilkada Kota Solok pada hari ini," kata Asraf. 
 
Asraf mengatakan, SK penetapan itu juga diserahkan kepada Gubernur Sumatera Barat. Nantinya, gubernur menyerahkan SK tersebut ke Kemendagri untuk syarat pelantikan.
 
"Kalau soal pelantikan, jadi wewenang Kemendagri. Tapi sesuai dengan masa akhir Walikota Solok periode 2015-202 hingga 17 Februari mendatang. Bisa saja dipercepat, Sebab Walikota terpilih incumbent. "Tapi itu semua menjadi wewenang Kemendagri," katanya.
 
Hasil rekapitulasi Pilkada Kota Solok 2020 menunjukkan pasangan calon Wali Kota dan wakil Wakil Wali Kota Solok nomor urut 02, Zul Elfian-Ramadani menang telak. Paslon yang diusung PAN, PKS, dan NasDem ini meraup 12.920 suara atau 35.22%.
 
Sementara, paslon 03 Ismael Koto-Edi Candra meraih 8.496 suara atau 23.16%, paslon 04 Yutris Can- Irman Yefri Adang meraih 9651 suara atau 26.31%, dan paslon nomor 01 Reinier-Andri Marant hanya 5.614 suara atau 15.30%.  
 
Dalam hal ini, Ketua KPU Kota Solok juga menyampaikan selamat atas pemenangan pasangan terpilih Zul Elfian-Ramadani Kirana Putra, "Semoga bisa mengemban amanah yang diberikan masyarakat Kota Solok, dan semoga bisa menciptakan Kota Solok lebih baik kedepannya," ia berpesan. 
 
Hal senada juga diungkapkan Ketua LKAAM Rusli Khatib Sulaiman dan Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra.
 
"Kami atas nama lembaga adat, mengucapkan selamat atas pemenangan pasangan terpilih, agar bisa membawa Kota Solok kearah yang lebih, serta bisa bersama-sama mewujudkan Kota Solok Kota beras serambi madinah," ungkapnya.
936