Home Kesehatan Menkes: Vaksinasi untuk Nakes Selesai Akhir Februari 2021

Menkes: Vaksinasi untuk Nakes Selesai Akhir Februari 2021

Jakarta, Gatra.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menargetkan proses vaksinasi yang ditujukan kepada Tenaga Kesehatan (nakes) bisa selesai terlaksana pada akhir Februari 2021 mendatang. Hingga saat ini, proses vaksinasi Covid-19 sudah mencakup 490 ribu nakes. Sementara itu, Pemerintah telah menargetkan 1,5 juta nakes agar bisa divaksinasi.

Pelaksanaan vaksin tahap pertama untuk para tenaga kesehatan memang sudah menjadi prioritas awal pemerintah. Menkes Budi menegaskan, alokasi 3 juta vaksin yang telah diadakan awal Januari lalu memang diperuntukan untuk 1,5 juta tenaga kesehatan.

"Harapannya dalam dua minggu [pekan] sampai akhir bulan ini, kami bisa kembali melakukan vaksinasi ke sekitar 500 ribu nakes sisanya. Sehingga, target 1,5 juta nakes yang divaksinasi hingga akhir Februari mendatang bisa terlaksana," kata Menkes Budi dalam webinar, Sabtu (30/1).

Mantan Wamen BUMN tersebut juga menjelaskan, apabila vaksinasi yang diperuntukan kepada tenaga kesehatan telah selesai Februari nanti, maka fokus vaksinasi akan langasung dialihkan untuk para tenaga layanan publik. Ia menargetkan, pelaksanaan vaksin untuk para tenaga layanan publik bisa terlaksana awal Maret 2021.

"Tenaga layanan publik, seperti TNI atau Polri,  masuk dalam kelompok ini. Awal maret sudah bisa melakukan suntikan. Diharapkan, proses untuk pelayan publik ini bisa berlangsung beberapa bulan. Karena lokasi mereka tersebar di seluruh daerah," ujarnya.

Pemerintah menargetkan untuk mencapai herd immunity, maka butuh sekitar 181,5 juta orang untuk dapat divaksin Covid-19. Oleh karenanya, Menkes mengatakan, proses vaksinasi harus dilakukan secara cepat. Karena sampai saat ini, belum diketahui berapa lama kekebalan yang akan diberikan oleh berbagai vaksin Covid-19 tersebut.

229