Home Info Satgas Covid-19 Ratusan Santri Penyintas Covid Siap Donor Plasma Konvalesen

Ratusan Santri Penyintas Covid Siap Donor Plasma Konvalesen

Cilacap, Gatra.com – Ratusan santri penyintas Covid-19 di dua pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Cilacap, yakni Ponpes Miftahul Huda dan Ponpes El Bayan siap mendonorkan darah konvalesen. Di kedua pesantren ini, terdapat 600 lebih penyintas Covid-19.

Ketua Ponpes El Bayan, H Firdaus Subky mengatakan pesantren ingin bersumbangsih kepada masyarakat. Caranya yakni dengan mendonorkan darah para penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat. “Prosesnya nanti mengikuti PMI,” kata Firdaus.

Dia menjelaskan, di El Bayan terdapat 497 penyintas Covid-19. Tetapi, tentu saja tidak semua santri memenuhi prasyarat sebagai donor plasma. Sebab, kebanyakan santri terkena covid-19 masih berusia remaja. Sementara, syarat pendonor adalah yang sudah berusia 18 tahun ke atas, laki-laki, pernah dan sudah sembuh Covid-19.

“Nanti akan ada pengecekan kadar antibodi juga. Tapi, yang ingin kami katakan adalah bahwa mari kita saling membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan dengan kemampuan yang kita miliki,” tandasnya.

Wabah Covid-19 di pesantren yang terletak di Padangsari, Majenang, ini sendiri terjadi pada akhir September hingga November, atau satu bulan lebih. Namun, dengan berbagai upaya yang dilakukan, akhirnya semua santri dinyatakan sembuh.

Sementara, Pengasuh Ponpes Miftahul Huda Cigaru, yang juga penanggung jawab kompleks Al Jadid, KH Mazin Al Hajar menegaskan ponpes akan mempersiapkan santri yang akan melakukan donor plasma. Hanya saja, karena saat ini sedang libur, maka donor plasma akan dilakukan pada Maret 2021. “Ada 108 santri penyintas Covid-19. Dari jumlah itu nanti diskrining, kemudian diambil sampel darahnya,” kata Mazin.

Diketahui, PMI melakukan assesment donor plasma konvalesen di dua ponpes. Terdapat ratusan santri penyintas Covid-19 di kedua ponpes tersebut. PMI akan melakukan skrining dan sampling untuk mengetahui kadar antibodi dan pemenuhan prasyarat pendonor plasma, dimulai pada Jumat (5/2/2021).

195