Home Ekonomi Jalan Selatan KBB Rusak, Bupati Janji Perbaiki April 2021

Jalan Selatan KBB Rusak, Bupati Janji Perbaiki April 2021

Bandung Barat, Gatra.com - Kondisi infrastruktur jalan raya di wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak parah. Hal tersebut diperparah oleh musim hujan yang membuat jalan menjadi banyak berlubang dan menyisakan kubangan. 

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat merencanakan jalan wilayah selatan yang terbentang melewati Kecamatan Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, hingga Gununghalu itu diperbaiki melalui dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastuktur (SMI). 

Pada perencanaan awal, jalan sepanjang kurang lebih 72 kilometer itu akan diperbaiki dengan anggaran sebesar Rp285 miliar.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara mengakui, jalan rusak ini sudah empat tahun belum juga diperbaiki. Menurutnya, molornya perbaikan jalan di selatan KBB ini terhambat adanya pandemik COVID-19.

"Seharusnya tahun 2020 itu sudah dikerjakan pakai anggaran SMI, tapi karena Covid ini diundur dan selama 4 tahun belum diperbaiki," kata Aa Umbara di Cihampelas, Rabu (10/2).

Umbara menyampaikan, sejak awal Pemda KBB sudah memetakan anggaran perbaikan bersumber dari pinjaman dana PT SMI. Namun, Pemda menemui kendala lantaran PT SMI tidak bisa langsung memenuhi pengajuan pinjaman Pemda KBB.

"Sekarang lagi proses, mudah-mudahan minggu ini bisa selesai. Satu surat lagi belum selesai. Minggu depan dilelangkan, April mulai konstruksi," kata Umbara.

Umbara menyebut, untuk merealisasikan perbaikan jalan ini memerlukan waktu proses verifikasi PT SMI. Umbara meminta, warga bersabar sampai pinjaman anggaran cair.

"Mohon bersabar kepada masyarakat sekarang kita coba yang berlubang ini agar diperbaiki dulu," papar Umbara.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB Aan Sopiyan mengatakan, Pemda KBB sudah kehabisan anggaran. Pemda tidak bisa mengalokasikan anggaran sekalipun hanya untuk perbaikan jalan berlubang.

"Kita gak ada alokasi APBD untuk perbaikan. Kebetulan ada donatur dari swasta menyumbangkan. Jadi material dibantu dari swasta sementara alat dari kita. Jalan yang diperbaiki menggunakan beskos hanya ruas jalan dari Cihampelas sampai Cililin," kata Aan.

329

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR