Home Kebencanaan Lubang Besar Menganga di Jalan Penghubung Brebes-Tegal

Lubang Besar Menganga di Jalan Penghubung Brebes-Tegal

Brebes, Gatra.com - Ruas jalan provinsi di Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah putus total setelah kondisi jalan penghubung Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal itu ambles dan menyisakan lubang besar.

Lubang tersebut menganga di tengah jalan dengan kedalaman 6 meter dan diameter 5 meter. Keberadaan lubang ini menghebohkan warga sehingga ramai didatangi. Peristiwa itu juga banyak dibagikan di media sosial.

Camat Sirampog Lukman Hakim mengatakan, kondisi jalan ambles dan menyisakan lubang besar Sabtu (13/2) sekitar pukul 08.30 WIB setelah hujan deras menyebabkan gorong-gorong untuk saluran air di bawah jalan terbawa arus sungai yang deras.

"Di bawah jalan itu ada gorong-gorong. Gorong-gorongnya hilang terbawa arus sungai otomatis jalannya ambles karena penahannya tidak ada," ujar Lukman, Sabtu (13/2).

Lukman menyebut, ruas jalan yang tersebut adalah jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal. Lantaran kondisinya membahayakan, ruas jalan sementara ditutup total.

"Sementara putus, ditutup dulu karena kanan kiri rawan. Itu satu-satunya jalur, tidak ada lagi, jadi harus menunggu perbaikan dulu," ujar Lukman.

Menurut Lukman, perbaikan baru akan dilakukan Minggu (13/2). Rencananya, gorong-gorong pengganti akan dipasang dan selanjutnya jalan akan diurug dan diaspal kembali. "Hari Minggu rencananya gorong-gorong pengganti datang. Perkiraan satu atau dua hari jalan sudah bisa dilalui kembali," ujarnya.

Selain membuat ruas jalan ambles, hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Sirampog pada Jumat malam (12/2) juga menyebabkan ruas jalan provinsi lainnya di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog sempat tertutup tanah longsor dari tebing. "Material longsor di jalan tersebut pagi tadi sudah dibersihkan sehingga jalan sudah bisa dilewati kembali," ujar Lukman.

1071