Home Politik Bukan Esemka, Gibran Pilih Mobil Dinas Bekas

Bukan Esemka, Gibran Pilih Mobil Dinas Bekas

Solo, Gatra.com – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah dilantik sebagai Wali Kota Solo. Dirinya mendapatkan berbagai fasilitas kedinasan, termasuk mobil dinas. Gibran memilih mobil dinas Kijang Inova berwarna putih yang dibeli pada 2018.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani, saat ditemui usai pelantikan Wali Kota Solo, Jumat (26/2). Ahyani menyatakan putra Presiden Joko Widodo itu tidak mendapat fasilitas mobil dinas baru. ”Enggak. Itu bukan mobil baru. Itu mobil lama,” kata Ahyani.

Mobil dinas ini dahulu digunakan oleh istri Wali Kota Solo sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo, Endang Prasetyaningsih. ”Ya itu dulu mobilnya ibu (Endang),” katanya.

Ahyani mengatakan tiga mobil ditawarkan pada Gibran, yakni Kijang Inova warna hitam, Toyota Camry hitam, dan Kijang Inova putih. Dari pilihan mobil tersebut, tak ada merek Esemka yang sempat menjadi mobil dinas Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo. ”Kami tawarkan tiga itu, milih-nya itu (Kijang Inova putih),” katanya.

Menurut Ahyani, Gibran punya alasan tersendiri memilih mobil tersebut. Mobil itu dianggap cocok digunakan untuk bekerja di lapangan.

Selain mobil dinas, Gibran juga mendapat sopir dari Pemkot Solo. ”Ada sopir baru, Pak Murih namanya. Dulu Pak Murih sopir saya. Sekarang bertukar dengan Pak Min, sopirnya Pak Rudy,” kata Ahyani.

293