Home Info Satgas Covid-19 Ribuan Lansia di Kabupaten Magelang Target Vaksin Covid-19

Ribuan Lansia di Kabupaten Magelang Target Vaksin Covid-19

Magelang, Gatra.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Retno Indriastuti mengatakan, setidaknya saat ini ada 170 ribu warga lanjut usia (lansia) di wilayah kerjanya yang siap divaksin Covid-19. Jumlah tersebut sesuai dengan data Disdukcapil yang kemudian dijadukan patokan target vaksinasi lansia.

"Jumlah 170 ribu itu sesuai dengan data Disdukcapil sehingga target vaksinasi pada lansia juga kita tetapkan sesuai data tersebut. Pelaksanaan awal vaksinasi dosis 1 pada lansia sudah dimulai minggu ini, dengan sasaran tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan lansia,"katanya Selasa (2/3) malam.

Menurut dia, hal itu dilakukan karena pertimbangan ketersediaan vaksin yang dialokasikan dari Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Secara bertahap nantinya seluruh lansia di Kabupaten Magelang akan divaksin.

"Nanti semuanya akan divaksin tapi secara bertahap, menyesuaikan jumlah ketersediaan vaksin. Untuk vaksinasi awal lansia ini baru dilakukan kepada `133 orang tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan,"katanya.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Dwi Susetyo menuturkan, pihaknya pada Rabu (3/3) ini akan mendapatkan tambahan alokasi vaksin baru sebanyak 1.000 vial (10.000 dosis) dan 160 vial (1.600 dosis) untuk alokasi tambahan bagi Akademi Militer (Akmil).

"Bila target pemakaian atau indeks pemakaian 9 berarti tambahan vaksinasi baru dapat diberikan kepada 4.500 petugas pelayanan publik dan 720 sasaran Akmil. Itu masing-masing mendapatkan dosis 1 dan dosis 2,"katanya.