Home Ekonomi Desain Produk Beri Nilai Tambah, Kemenperin Gelar IGDS 2021

Desain Produk Beri Nilai Tambah, Kemenperin Gelar IGDS 2021

Jakarta, Gatra.com - Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan desain produk memberikan nilai tambah yang signifikan. 

Berdasarkan Global Industrial Design Market "2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri sangat besar. Di tahun 2019 saja, tercatat mencapai US $ 45,38 miliar.

“Diproyeksikan akan mencapai US $ 65,41 miliar pada akhir tahun 2026 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3% selama tahun 2021 sampai 2026,” katanya dalam acara Launching Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2021 secara virtual pada Kamis (4/3).

Adapun pasar cadangan terbesarnya yakni Cina, Eropa, dan Amerika bagian utara. Hal ini menunjukkan peluang terbesar di sektor desain industri yang dapat terus dimaksimalkan.

Kementerian Perindustrian melalui Ditjen IKMA kembali menggelar IGDS 2021 yang mengusung tema Produk Indonesia Berkarakter. Diharapkan, kegiatan ini mampu menghadirkan produk-produk yang inovatif, adaptif, dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Kementerian Perindustrian memberikan pengakuan dalam bentuk melalui Sertifikat, Trofi, Penggunaan Logo dan Fasilitasi Pengembangan Produk kepada para desainer terbaik,” katanya.

Pendaftaran IGDS 2021 akan berlangsung 4 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021. Rangkaian acaranya dimulai dengan sosialisasi, seleksi administrasi, penjurian tahap I, penjurian tahap II, penjurian tahap III, hingga penganugerahan penghargaan IGDS 2021.

Diketahui, para finalis IGDS tahun 2019 telah diikutsertakan pada Kontestasi desain tingkat Asia, Golden Pin Design Award 2020 di Taiwan. Peserta Indonesia yang diberikan keistimewaan untuk menembus seleksi tahap kedua.

Para peserta dari Indonesia berhasil lolos ke tahap seleksi final dan berhak atas Tanda Desain. Sementara itu, Pallawa dari Ranting Workshop berhasil lolos sebagai Shortlist Best of Golden Pin Design Award 2020,” ungkapnya.

182

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR