Home Info Satgas Covid-19 Vaksinasi Covid-19 di Palembang Sentuh 21.149 Orang

Vaksinasi Covid-19 di Palembang Sentuh 21.149 Orang

Palembang, Gatra.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, mencatat, total vaksinasi Covid-19 hingga saat ini mencapai 21.149 orang dari total sasaran yakni 79.080 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Mirza Susanti menyebut jumlah tersebut merupakan total vaksinasi baik tahap pertama hingga tahap kedua saat ini. Di mana pada tahap pertama menyasar Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), sedangkan tahap kedua yakni petugas pelayanan publik dan lansia.

"Untuk vaksinasi tahap kedua ini masih terus berjalan dan kami akan kejar terus agar cepat diselesaikan," katanya, Selasa (9/3).

Dia menerangkan, saat ini realisasi vaksinasi tahap pertama dengan sasaran SDMK yakni sebanyak 13.255 orang atau 89,68 persen untuk dosis pertama. Sedangkan, untuk dosis kedua yakni sebanyak 8.169 orang atau 55,22 persen. Untuk vaksinasi yang tertunda pada tahap pertama ini yaitu sebanyak 1.231 orang.

"Vaksinasi yang tertunda ini akan dilakukan pada tahap kedua yang sedang berlangsung ini," terangnya.

Untuk realisasi vaksinasi tahap kedua yakni sebanyak 2.265 orang untuk petugas pelayanan publik dari total sasaran sebanyak 11.000 orang. Kemudian, untuk Lanjut Usia (Lansia) yakni sebanyak 5.629 orang dari total sasaran 53.200 orang.

"Petugas pelayanan publik ini mencakup tenaga pendidik, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), DPRD dan lain sebagainya," katanya.

Dia mengaku saat ini vaksin yang diterima Palembang masih belum mencukupi untuk melakukan vaksin secara keseluruhan petugas pelayanan publik dan lansia. Namun, nantinya akan terus didistribusikan dari pusat untuk memenuhi jumlah vaksin di Palembang. Pihaknya pun optimis mampu menyelesaikan vaksinasi tahap kedua ini pada April mendatang.

"Kami juga menargetkan hingga akhir tahun mendatang, mampu memvaksin hingga satu juta warga Palembang," tutupnya.